Zona Berita

Dianggap Cagub Tak Potensial, Abu Doto Protes ke Bawaslu

Infografis-Bawaslu

BANDA ACEH – ZONADAMAI.COM: Tim pemenangan Zaini Abdullah-Nasaruddin (AZAN) memprotes informasi yang disertakan dalam infografis serba-serbi Pilkada Aceh yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI dan diunggah di website resmi  Bawaslu.

Juru Bicara Relawan Tim Pemenangan AZAN, Fauzan Febriansyah, dalam rilisnya menilai informasi yang disertakan dalam infografis tersebut, khususnya pada bagian figur potensial kepala daerah, bersifat provokatif dan menggiring opini publik.

Dengan mengunakan kata ‘Figur Potensial Pilkada Serentak 2016’ dan hanya menampilkan empat bakal calon gubernur, Fauzan menilai terjadi penggiringan opini bahwa hanya empat figur tersebut yang layak dipilih.

“Tindakan Bawaslu tersebut telah mencederai semangat netralitas penyelenggara pemilu yang merupakan ruh dan amanah utama dalam UU No.15/2011 tentang Penyelenggara Pemilu, UU No.11/2006 tentang Pemerintahan Aceh, UU No.10/2016 tentang Pilkada dan konstitusi UUD 1945,” katanya.

“Apabila yang dilakukan Bawaslu tersebut merupakan sebuah tindakan ketidaksengajaan bagi kami hal ini tentu tidak dapat ditolerir dan merupakan bentuk nyata tidak profesionalnya Bawaslu khususnya yang bertanggung jawab dalam hal media dan informasi Bawaslu.”

“Yang paling janggal menurut kami, bagaimana mungkin Bawaslu melakukan publikasi empat bakal calon gubernur, padahal pendaftaran calon gubernur dukungan parpol belum dilakukan, begitu juga proses verifikasi calon perseorangan sedang berlangsung.”

Fauzan atas nama Juru Bicara Tim Pemenangan Abu Doto-Nasaruddin juga meminta Bawaslu memberikan klarifikasi atas informasi yang ditayangkan dalam infografis tersebut. Ia juga menyatakan Tim Pemenangan AZAN akan melaporkan Bawaslu kepada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

“Kami juga mengingatkan semua lembaga dan para pihak penyelenggara pemilu untuk dapat bekerja dengan profesional, menjaga independensi dan netralitas demi suksesnya pilkada serentak 2017 dengan damai, jurdil, transparan dan demokratis.” [*]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s