Zona Berita

Apa Karya : Jangan Ada ‘Peunget-peunget’ Dalam Pilkada Aceh

6-Apa Karya-Alaidinsyah

ZONADAMAI.COM – Calon Gubernur Aceh dari jalur Independen, Zakaria Saman menginginkan Pilkada Aceh 2017 mendatang berlangsung aman, damai, tentram dan bermartabat. Ia ingin melihat Gubernur Aceh kali ini, benar-benar terpilih secara demokratis.

“Iya, harapan lon bekna Peunget-peunget’ (tipu-tipu) dalam Pilkada Aceh kalinyoe (kali ini), harus benar-benar demokratis,”  kata Apa Karya kepada wartawan di Warung Kopi Sekber Jurnalis di Banda Aceh,  Selasa (30/08/2016) siang.

Menurut Apa Karya, dirinya telah mengintruksikan seluruh timnya yang sedang berjuang di lapangan agar bekerja dengan baik dan mengedapankan azas perdamaian dan nilai-nilai kesantunan. Dia menilai kondisi saat ini jangan pernah mencari musuh dengan memulai permusuhan.

“Tapi kalau tim lain pebloe, iya bloe cietlah. Bek ciet theun deoe (kalau tim lain jual, iya beli juga. Jangan tahan diri,” ujar Apa Karya disambut tawa para wartawan yang serius mewawancarainya.

Meski demikian, Apa Karya mengaku sangat menginginkan agar pelaksanaan Pilkada Aceh mendatang berlangsung aman dan damai. Kata dia, jangan sampai suasana perdamaian di Aceh terganggu hanya gara-gara kepentingan satu kelompok yang berambisi ingin menguasai jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur .

“Jangan sampai Pilkada ini menggangu ketenangan masyarakat yang saat ini ekonominya semakin memprihatinkan. Siapapun kandidat yang menang dan kalah, terpilih dan tidak terpilih mari sama-sama berlapang dada menerimanya nanti,” harapnya.

Di sisil lain terkait persoalan dukungan terhadap salah satu kandidat, Apa Karya tidak terlalu mempersoalkan apabila KIP Aceh menyatakan syarat KTP untuk naik menjadi calon Gubernur Aceh melalui jalur independen dari pasangannya tidak mencukupi. Menurutnya, pihaknya akan terus berupaya memenuhi kelengkapan persyaratan jika memang ditemukan bukti dukungan belum cukup.

“Aceh pat Rayeuk that. (Aceh mana ada besar kali). KTP awak Keumala Pidie manteung sep untuk tatamah (KTP warga Keumala Pidie saja, masih cukup untuk tambahannya,” kata Apa Karya spontan menjawab pertanyaan seorang wartawan. Mendengar jawaban yang spontan itu mendadak wartawan pun tertawa.

Sejauh ini, Apa Karya mengaku dirinya belum mendapat informasi apakah terdapat KTP ganda atau tidak dalam syarat bukti dukungannnya bersama pasangannya  T Alaidinsyah. Karena saat ini katanya, syarat bukti dukungan tersebut masih dalam proses verifikasi faktual oleh KIP Aceh.

Seperti diketahui, untuk naik menjadi calon Gubernur Aceh melalui jalur independen dalam Pilkada Aceh harus ada dukungan dengan syarat sekurang-kurangnya 3 persen dari jumlah penduduk Aceh atau sekitar 150 ribu orang. Syarat dukungan itu dibuktikan lewat salinan foto KTP yang telah ditandatangani oleh si pemilik KTP. Terakhir yang terpenting, bukti dukungan tersebut tidak boleh ganda dengan calon lainnya.  [habadaily.com]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s