Zona Berita

Tembak Mati Pelajar, Kinerja Polisi Papua Jadi Sorotan Istana

Ilustrasi pembakaran mapolsek oleh massa

Ilustrasi pembakaran mapolsek oleh massa

JAKARTA — ZONADAMAI.COM: Staf Khusus Presiden Bidang Papua, Lenis Kagoya, menekankan, polisi di Papua harus mengubah pendekatannya terhadap masyarakat Papua.

Hal ini disampaikan dalam menyikapi peristiwa polisi yang menembak mati Etinius Sondegau (15), seorang pelajar, dan berbuntut pada aksi pembakaran Polsek Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, oleh masyarakat setempat, Sabtu (27/8/2016).

“Kinerja polisi di Papua ini memang harus dievaluasi khusus. Pendekatan mereka enggak bagus,” ujar Lenis di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (29/8/2016).

Untuk menghadapi seorang pelajar, Lenis berpendapat, polisi tidak harus mencabut pistol dan melepaskan peluru, apalagi ke bagian tubuh vital. Seharusnya, polisi lebih menggunakan pendekatan yang persuasif.

Lenis mengatakan, jika pendekatan polisi di Papua tidak diubah, maka masyarakat Papua juga tidak akan menghargai polisi.

Pihaknya menyorot secara tajam kinerja polisi di Bumi Cendrawasih itu. Oleh sebab itu, pihaknya akan menggelar rapat dengan unsur terkait untuk membahas kinerja aparat kepolisian di Papua.

“Kami dalam waktu dekat akan rapat, harus ada evaluasi kinerja polisi di Papua karena kalau seperti itu terus sangat membahayakan,” ujar Lenis.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Patrige Renwarin mengatakan, tim internal yang langsung dipimpin Wakil Kepala Polda Papua saat ini sedang ke tempat kejadian perkara (TKP) untuk menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi.

“Jadi tunggu penyelidikan saja, termasuk soal alasan mengapa ada penembakan,” ujar Patrige.

Penembakan terhadap Etinius memicu amarah massa yang berjumlah sekitar 200 orang. Mereka mendatangi Kantor Polsek Sugapa sambil membawa jasad Etinius pada pukul 13.40 WIT.

Massa menuntut aparat bertanggung jawab atas kematian Etinius. Massa kemudian membakar kantor Polsek Sugapa.

Setelah membakar polsek, massa mengantar jasad Etinius ke rumah orangtuanya di belakang Bank Papua Cabang Sugapa. [KOMPAS.com]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s