Zona Berita

Qanun jadi salah satu Potensi konflik Pilkada di Aceh

PILKADA-ilustrasi

ZONADAMAI.COM – Peta konflik jelang pilkada di Aceh sudah coba digambarkan dalam berbagai forum diskusi, baik secara formal maupun sekedar percakapan di warung kopi. Namun wacana ini terus menggelinding seiring dengan putaran waktu yang hampir tiba pada saat pencoblosan. 

Direktur Katahati Institute, Raihal Fajri mengatakan, salah satu potensi konflik Pilkada di Aceh adalah Qanun. Undang-undang Pemerintah Aceh (UUPA) pasal 73 ayat (2) menyebutkan bahwa tahapan pilkada harus berpedoman pada qanun.

“Regulasi yang masih carut-marut masih menjadi potensi konflik besar pada pilkada mendatang. Bagaimana tidak, saat ini perubahan Qanun nomor 5 tahun 2015 masih berada di meja DPRA dan belum ada agenda resmi untuk revisi. Komisi Independen Pemilihan Aceh telah mengingatkan Pemerintah Aceh dan DPRA untuk segera melakukan perubahan terhadap qanun ini yang dianggap tidak relevan lagi terutama terkait pasal bersayap,” ungkap Raihal.

Raihal mengatakan, ini sangat ajaib, peluit tanda pertarungan telah dimulai telah ditiupkan namun aturan pertempuran belum ada. Dampaknya yang paling besar kemudian adalah para pihak yang kemudian harus meninggalkan gelanggang setelah pertarungan usai akan menjadi pihak yang akan menggugat hasil kemenangan pihak lain karena pertarungan tanpa acuan yang jelas.

“Kita berharap DPRA dan Pemerintah Aceh segera menyelesaikan dialektika kepentingan masing-masing agar potensi konflik regulasi tidak berkepanjangan dan menodai pilkada damai yang telah di ikrarkan oleh para pihak,” pungkas Raihal. [rri.co.id]

Advertisements

Categories: Zona Berita

Tagged as: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s