Zona Berita

Ratusan Anggota OPM Berikrar Setia kepada NKRI

Goliath tabuni2

ZONADAMAI.COM – Kesungguhan Pemerintah membenahi berbagai aspek pembangunan di Papua mendapat simpati dari masyarakat Papua. Simpati juga datang elemen pejuang kemerdekaan Papua dalam bentuk ikrar untuk meninggalkan organisasi Papua merdeka (OPM) dan kembali ke pangkuan NKRI.

Peristiwa yang terjadi pada Rabu, 17 Agustus 2016 pukul 10.25 WIT  di Puncak Jaya telah membuktikan adanya simpati itu. Tidak kurang dari 300 orang pengikut Goliath Tabuni (pimpinan tertinggi OPM) bertempat di lapangan Roh Kudus Kota Mulia Kabupaten Puncak Jaya tampak khusuk mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Tiga ratus anggota OPM itu datang dari berbagai tempat di wilayah Puncak Jaya, yaitu dari Tingginambut sebanyak 60 orang, Philia 30 orang, Yambi 90 orang dan wilayah Kalome 120 orang. Dalam upacara bendera memperingati 71 Tahun kemerdekaan RI, Boni Telenggen (mantan anak buah Goliat Tabuni) mewakili rekan-rekan lainnya membacakan pernyataan sikap untuk kembali ke NKRI dan berterima kasih kepada pemerintah Indonesia.

Goliath tabuni1Berikut ini inti pernyataan sikap yang dibacakan dan ditanda tangani beberapa perwakilan mantan OPM:
  1. MENGUCAPKAN TERIMA KASIH YANG SEBESARNYA-BESARNYA KEPADA PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA KARENA KAMI TELAH MENIKMATI PEMBANGUNAN DAN HIDUP NYAMAN BERSAMA MASYARAKAT LAINNYA.
  1. SIAP MENDUKUNG PEMBANGUNAN KABUPATEN PUNCAK JAYA BERSAMA-SAMA MASYARAKAT LAINYA UNTUK MENJAGA KEAMANAN DAN KEDAULATAN REPUBLIK INDONESIA.
  1. MENGAJAK SELURUH SAUDARA-SAUDARA KAMI YANG SAAT INI MASIH BERADA DI HUTAN DAN MASIH BERTERIAK MERDEKA BAIK DI KALOME, TINGGINAMBUT, YAMBI DAN MEWOLUK AGAR SEGERA TURUN DAN BERGABUNG DENGAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA.
  1. KEPADA KNPB DAN ULMWP STOP TIPU-TIPU, STOP BERTERIAK MERDEKA KARENA KAMI SUDAH MERDEKA 71 TAHUN BERSAMA INDONESIA. SEKARANG WAKTUNYA KITA KERJA DAN ANAK-ANAK KITA HARUS BELAJAR.

    “Kami kembali ke Indonesia bukan paksaan siapa-siapa, tetapi kami sendiri yang menginginkan, karena kami melihat bahwa saat ini sudah ada pembangunan di daerah Puncak Jaya.” tegas Boni usai membacakan pernyataan sikap.

    Menunutnya, perjuangan Papua Merdeka hanya pekerjaan sia-sia dan menimbulkan penderitaan yang berkepanjangan.

    “Lebih baik ikut dan mendukung pembangunan yang dilakukan pemerintah. Dengan mendukung pembangunan pemerintah, masyarakat Tingginambut kini bisa beraktivitas normal. Tidak ada lagi kekerasan, tidak ada lagi penjagaan ketat dari aparat, anak-anak sudah bisa sekolah lagi, dan orang-orang sudah bisa berkebun,” tambah Boni.

    Boni juga berjanji akan terus membujuk Pimpinan Tertinggi OPM untuk bergabung dengan Indonesia untuk membangun agar anak-anak bisa bersekolah. Atas nama mantan pejuang OPM, ia juga meminta kelompok-kelompok tertentu seperti Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dan United Liberation Movement West Papua (ULMWP), menghentikan aksi menipu yang mengatasnamakan rakyat Papua.[http://www.papuavoice.com]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s