Zona Berita

Aceh Utara dan Pidie Lumbung KTP Para Calon Gubernur 2017

ktp-independenZONADAMAI.COM – Tiga Calon Gubernur (Cagub) Aceh yang akan bertarung di Pilkada 2017 melalui jalur Independen, yaitu Abdullah Puteh, Zaini Abdullah, dan Zakaria Saman telah mengumpulkan total fotokopi KTP sebanyak 516.799 lembar. Ternyata, lumbung terbesar fotokopi KTP sebagai syarat dukungan untuk Cagub Independen berada di Aceh Utara dan Pidie.

Sebagaimana data yang dilansir Serambi selama ini, jumlah fotokopi KTP yang diserahkan oleh masing-masing pasangan Cagub/Cawagub ke KIP Aceh yaitu Abdullah Puteh/Sayed Mustafa Usab Al-Idroes 158.992 lembar, Zaini Abdullah/Nasaruddin 203.475 lembar, dan Zakaria Saman/T Alaidin 154.331 lembar.

Ketiga pasangan Cagub/Cawagub bersama tim sukses masing-masing berburu dukungan KTP ke hampir seluruh Kabupaten/Kota di Aceh. Namun ada beberapa Kabupaten/Kota yang ternyata menjadi lumbung atau penyumbang dukungan terbesar, di antaranya Aceh Utara dan Pidie.

Berdasarkan data dari KIP Aceh, ketiga pasangan Cagub/Cawagub berhasil meraih KTP dari Aceh Utara sebanyak 87.531 lembar. Sementara dari Pidie 82.237 lembar.

Namun, jika melihat persentase suara, jumlah raihan dari Pidie lebih mendominasi, mencapai 26,3 persen, mengingat jumlah pemilih di Pidie cuma 313.472 orang. Sementara dari Aceh Utara 22,2 persen dengan jumlah pemilih 394.557 orang. Kedua data pemilih ini mengacu pada Daftar Penduduk Pemilih Potensial Provinsi (DP4) Aceh yang baru-baru ini dirilis oleh KIP Aceh.

Kabupaten yang dominan berikutnya adalah Aceh Timur 36.480 lembar dan Aceh Barat 34.168 lembar. Sementara ada juga pasangan yang tidak punya dukungan KTP selembar pun dari Gayo Lues dan Singkil, yakni pasangan Abdullah Puteh/Sayed Mustafa.

Direktur Aceh Institute, Fajran Zain mengatakan, “menguasai suara pada lumbung-lumbung potensial menjadi strategi untuk memenangkan kontestasi pada level provinsi. Namun, persoalan jumlah dukungan KTP bisa jadi sekadar data teknis. Variasi dukungan untuk para calon lebih merupakan sebuah kebetulan saja, karena mereka mengejar syarat pemenuhan minimal untuk pendaftaran. Lebih dari itu, bukan tidak mungkin KTP itu diperoleh dari calo-calo dengan alasan pragmatis, termasuk kemungkinan transaksi jual-beli. “Namun, masih ada waktu yang tersisa bagi para calon untuk menggalang secara benar pada lini yang paling bawah”.

Figur dan strategi

Di tempat yang berbeda, Direktur Jaringan Survey Inisiatif (JSI), Aryos Nivada mengatakan, “enam kandidat yang sudah maju di Pilgub Aceh sudah sangat mewakili masyarakat Aceh, khususnya dilihat dari segi kewilayahan”.

Misalnya, kata Aryos, wilayah Pidie ada Zaini Abdullah dan Zakaria Saman. Ada sosok Muzakir Manaf dan Tarmizi Karim dari wilayah Pase meliputi Aceh Utara dan Lhokseumawe. Aceh Timur ada Abdullah Puteh, Bireuen ada Irwandi Yusuf dan Zaini Djalil, Tengah dan Tenggara ada Nova Iriansyah dan Nasaruddin, dan pantai Barat-Selatan Sayed Mustafa Usab.

Aryos meyakini teritorial/kewilayahan tidak mempengaruhi secara signifikan. Faktor figur dan strategi politik dinilai lebih menentukan untuk menang di pilkada nantinya.

Jika melihat latar belakang Cagub, katanya, mereka yang berasal dari eks GAM mendominasi ketimbang yang dari partai nasional. Menurut Aryos,  banyaknya tokoh dari kalangan eks GAM maju ke pilkada menunjukkan minimnya kader di kalangan Partai Nasional yang berpotensi untuk maju. “Publik bisa saja menilai kader dari kalangan partai nasional tidak memiliki keberanian untuk maju berkompetisi dengan kalangan eks GAM dan kombatan,” tandasnya.

Diakui, tokoh nasionalis seperti Abdullah Puteh dan Tarmizi Karim sudah menunjukkan keberanian untuk berkompetisi, namun harus diimbangi dengan kerja keras mesin politik hingga ke lini yang paling bawah agar bisa mengungguli calon-calon dari eks GAM. [aceh.tribunnews.com]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s