Zona Berita

Pilkada Aceh 2017 Terancam Batal

Pilkada BatalZONADAMAI.COM – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah Aceh 2017 mulai berjalan. Namun hingga kini, Panitia Pengawas Pemilihan Aceh tidak memiliki anggaran untuk mengawasi pelaksanaannya.

Anggota Divisi ISDM Panwaslih Aceh Ismunazar mengatakan, “Kami sangat berharap anggaran bisa dicairkan dalam waktu dekat. Tanpa pengawasan, Pilkada 2017 terancam tidak sah”. Lhokseumawe, Jumat (12/08).

Untuk itu, kata Ismunazar, pemerintah harus segera mengirim tim untuk memastikan turunnya anggaran. Menurut dia, anggaran ini harusnya dicaikan satu bulan sebelum tahapan pencalonan. Namun hingga kini, setelah tahapan berjalan, Panwaslih belum mengantongi anggaran.

Untuk mengawasi pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, wali kota dan wakil wali kota, serta bupati dan wakil bupati pada Pilkada 2017, Panwaslih sedikitnya membutuhkan anggaran Rp 18 miliar.

Ismunazar juga menyayangkan sikap pemerintah yang lamban dalam menuntaskan urusan anggaran ini. Hal ini, kata dia, sangat mempengaruhi pengawasan pelaksanaan pesta demokrasi di Aceh. “

Tambahnya, apabila anggaran masih terhambat, hasil pilkada terancam cacat dan tidak sah. Hal inilah yang menjadi keprihatinan Ismunazar.

Hingga kini, Panwaslih terus mendapat laporan dugaan pelanggaran di empat kabupaten, yakni Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Aceh Besar dan Gayo Lues. Di Aceh Selatan, salah satu kandidat dari jalur independen masih terlibat di partai politik.

Di Aceh Tenggara dan Aceh Besar, kandidat masih menjabat sebagai kepala desa. Sedangkan di Gayo Lues terjadi memanipulasi usia oleh kandidat.

Tanpa anggaran, jelas kami tak bisa bertindak. Dan jika dibiarkan, akan banyak pelanggaran yang terjadi tanpa pengawasan,” kata Ismunazar.[ajnn.net]

Advertisements

Categories: Zona Berita, Zona Politik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s