Zona Berita

KIP Aceh : Calon Independen Agar Segera Mendaftar Sebelum 7 Agustus

Harian Aceh | Junaidi Hanafiah Wakil Ketua KIP Aceh, Ilham Syahputra didampingi Ketua Divisi Perencanaan dan Data KIP Aceh Yarwin Adidarma, Selasa (23/8) memberikan keterangan pers kepada wartawan terkait hari pencoblosan Pilkada Aceh. KIP Aceh menyatakan hari pencoblosan Pilkada  pada paling lambat tanggal 8 Januari 2012.

ZONADAMAI.COM – Komisioner bidang hukum dan pengawasan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Junaidi mengingatkan agar calon gubernur dari jalur independen untuk segera menyerahkan berkas atau persyaratan administrasi ke kantor KIP Aceh sebelum tanggal 7 Agustus 2016.

Menurutnya, bila pasangan calon jalur perseorang mendaftar sebelum tanggal 7, maka ada waktu perbaikan berkas seandainya ada kekurangan, sehingga nantinya tidak merugikan pasangan calon independen itu sendiri.

Namun apabila pasangan tersebut menyerahkannya di tanggal 7, dikhawatirkan tidak dapat melengkapi administrasi yang belum lengkap, sehingga di nyatakan gugur.

Junaidi menegaskan, “Resiko bagi pasangan independen jika mereka menyerahkannya pas tanggal 7, apalagi pada pukul 16.00, kita akan tetap terima, dan kita hitung. Namun jika berkasnya tidak sesuai, maka tidak adalagi kesempatan bagi calon untuk perbaiki, alias gugur di tahap awal”.

Ia menambahkan, “setelah pasangan calon lulus seleksi di tahap awal, selanjutnya KIP akan melakukan verifikasi administrasi dukungan, verifikasi yang dimaksud adalah kegandaan pendukung, seperti nama yang sama, nik sama, tanggal lahir sama, dan juga tempat tinggal yang sama. Jika dalam satu desa ada yang sama lima, maka empat akan kita coret sehingga tinggal satu”.

KIP juga menggunakan aplikasi sistem informasi pencalonan, yang dapat mendeteksi dukungan dan KTP ganda, seperti satu KTP mendukung dua pasangan calon, nantinya akan dipastikan kepada pendukung untuk mendukung salah satu pasangan melalui verifikasi vaktual di lapangan.

Karena ini pernyataan dukungan maka kita akan tanya langsung ke PPS, siapa yang didukung, kemungkinan itu kan dua, mendukung salah satu atau tidak mendukung dua-duanya, dengan cara membuat surat pernyataan”, kata Junaidi.

Dikatakan Junaidi, “pihaknya juga akan memberikan sanksi bagi pasangan calon apabila hal tersebut terjadi pada saat verifikasi nanti. Bagi pasangan calon yang kedapatan KTP ganda saat verifikasi harus membawakan dua kali lipat dari jumlah yang dibutuhkan. misalnya mereka butuh 20 ribu, maka mereka harus membawa 40 ribu jika tidak maka mereka gugur”. [ajnn.net]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s