Zona Berita

KIP Aceh : Peluncuran Pelaksanaan Pilkada Aceh Serentak 2 Agustus 2016

40Pilkada Aceh 2017

ZONADAMAI.COM – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh akan meluncurkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Aceh secara serentak pada Selasa 2 Agustus 2016 di AAC Dayan Dawood Unsyiah, Banda Aceh. Kegiatan tersebut untuk memberitahu kepada masyarakat bahwa Aceh akan melaksanakan pilkada pada 15 Februari 2017.

“Pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan pada 15 Februari 2017. Penetapan paslon terpilih (tanpa sengketa) dilaksanakan pada 8-10 Maret 2017”

Hal itu disampaikan oleh Komisioner KIP Aceh Bidang Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, Hendra Fauzi kepada Serambi, Rabu (27/7). “Ini adalah sebagai sosialisasi awal kita tetang pilkada mendatang dan akan terus kita lakukan secara massif setelah launching pilkada ini,” kata mantan aktivis ini.

Hendra menjelaskan, “selain melakukan sosialisasi pilkada, KIP Aceh juga akan memperkenalkan maskot dan jingle pilkada Aceh hasil sayembara yang digelar KIP beberapa waktu lalu. Maskot dan jingle tersebut selanjutnya akan digunakan oleh semua penyelenggara pilkada di seluruh Aceh”.

Menurut Hendra, kegiatan tersebut akan dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP).

Dari Pemerintah Aceh hadir Gubernur Aceh, Ketua DPRA, Pangdam Iskandar Muda, Kapolda Aceh, Kajati Aceh, bupati dan wali kota se Aceh, KIP dan Panwaslih se Aceh, para kandidat kepala daerah, para ketua partai politik, LSM, dan media. Selain itu, pihaknya juga mengundang pemilih pemula untuk berpartisipasi pada acara itu.

Kita berharap pilkada Aceh bisa berjalan dengan lancar, aman, dan damai sesuai dengan tagline kita (KIP Aceh), ‘pilihan boleh beda geutanyoe meusyedara’,” ungkap Hendra Fauzi.

Untuk diketahui, mulai tanggal 3-7 Agustus 2016 para kandidat gubernur dari perseorangan akan menyerahkan syarat dukungan berupa foto kopi kartu tanda penduduk (KTP) ke KIP Aceh untuk dilakukan verifikasi faktual. Sedangkan penyerahan syarat dukungan dari balon bupati dan wali kota pada 6-10 Agustus 2016.

Setelah syarat dukungan paslon gubernur dari perseorangan, kemudian paslon dari perseorangan akan mendaftar bersamaan dengan paslon dari partai politik pada 19-21 September 2016. Lalu dilanjutkan dengan masa kampanye pada 26 Oktober 2016-11 Februari 2017.[*]

 

Advertisements

Categories: Zona Berita, Zona Politik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s