Zona Editorial

Mengidamkan Pilkada tanpa Intimidasi

calon Aceh-1 kompasiana

ilustrasi: kompasiana.com

ZONADAMAI.COM – Pemilihan Kepala Daerah 2017 di Aceh harusnya menjadi tonggak perubahan. Ini adalah kesempatan bagi seluruh masyarakat Aceh, baik dalam memilih wali kota, bupati atau gubernur, untuk mengevaluasi kinerja kepemerintahan sebelum menjatuhkan pilihan di bilik suara.
Namun keinginan saja tidak cukup. Di saat yang sama, seluruh perangkat penyelenggaraan pemilihan harus benar-benar siap dalam melaksanakan kegiatan ini. Tak terkecuali perangkat penegakan hukum. Dari pengawasan hingga pengadilan.
Hingga saat ini, tanda-tanda kecurangan pemilu terlihat jelas. Di Nagan Raya, misalnya, sejumlah indikasi keterlibatan aparat pemerintahan secara terang-terangan dalam mendukung salah satu kandidat hingga kini diabaikan.
Padahal, jika panitia pengawas dan kepolisian benar-benar ingin menjaga penyelenggaraan pemilihan berjalan fair, sejak awal tanda-tanda kecurangan ini harus ditindak. Minimal, kandidat dan para pendukungnya diingatkan untuk tidak berlaku curang dan melanggar sejumlah ketentuan penyelenggaraan pemilihan.

Hingga saat ini, tanda-tanda kecurangan pemilu terlihat jelas. Di Nagan Raya, misalnya, sejumlah indikasi keterlibatan aparat pemerintahan secara terang-terangan dalam mendukung salah satu kandidat hingga kini diabaikan.

Namun hal ini sepertinya akan sulit dilaksanakan, terutama di daerah-daerah yang jauh dari pusat kekuasaan. Di daerah-daerah ini, akses pengawasan, terutama dari media massa dan lembaga nirlaba, sangat kurang. Masyarakat dan kandidat yang mengetahui kecurangan dipaksa gigit jari karena saluran pengaduan tumpat.
Karena itu, komitmen dari lembaga pengawasan pengadilan dan kepolisian sangat dibutuhkan. Dua lembaga ini dituntut untuk tetap bekerja tanpa memihak. Sehingga pemilihan yang akan dilaksanakan benar-benar mampu melahirkan kepemimpinan yang kuat. Pemimpin yang muncul atas masyarakat. Bukan karena kecurangan ataupun intimidasi. [*]
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s