Zona Berita

Pendamping Abu Doto Dalam Pilkada Aceh 2017 Belum Final

Abu Doto dan Gazali Abbas dalam suatu kesempatan

Abu Doto dan Ghazali Abbas dalam suatu kesempatan

ZONADAMAI.COM —Calon incumbent di Pilgub Aceh 2017 Zaini Abdullah memang sudah menggandeng Nasaruddin (Bupati Aceh Tengah) sebagai cawagub. Namun berdasarkan komentar Abu Doto (sapaan Zaini Abdullah) di salah satu media di Aceh dua hari lalu memberikan sinyal bahwa paket dengan Nasaruddin belumlah final. Masih ada kemungkinan berubah. Sampai saat ini paket dari wakilnya Zaini Abdullah belum di deklarasikan. Jika begitu posisinya maka akan muncul paket baru yang berpasangan dengan Zaini Abdullah nantinya.

Tingkat elektabilitas survei mandiri yang terakhir dilakukan Jaringan Survei Inisiatif menunjukan personal dari Nasaruddin tidaklah merata. Terbukti dirinya hanya kuat di Kabupaten Bener Meriah dan Kabupaten Aceh Tengah. Itu pun bisa pecah dan tidak solid jika muncul kandidat lain dari wilayah yang sama. Sedangkan untuk Gayo Lues dan Aceh Tenggara elektabilitas dari Nasruddin tidak begitu kuat. Sebaran di wilayah lain pantai barat selatan dan timur pun sangat kecil sekali.

Menurut pengamat politik dan keamanan “Aryos Nivada”, pesan tersirat lainnya dari komentar Abu Doto jelas menunjukan bahwa ada perpecahan di internal tim Abu Doto dalam mengusung wakil yang disandingkan Abu Doto. Efek lainnya berdampak kepada massa Nasaruddin yang tadinya kuat menjadi mengambang paska komentar Abu Doto beberapa hari lalu.

Pertimbangan logis karena elektabilitas dan keterwakilan wilayah mempengaruhi perubahan usungan paket dengan Nasruddin. Terbukti Abu Doto mengatakan suara tengah jauh dibawah wilayah lain, kalau pakai data DPT Pilpres 2014 hanya berjumlah 417.642. Tidak menutup kemungkinan eks kombatan tidak menginginkan paket dari Abu Doto dengan Nasruddin.

Hal yang menarik patut dicermati adalah pengunduran diri Nasaruddin dari partai Golkar terlalu berspekulasi, karena belum jelas komitmen yang dibangun dengan tim pemenangan Zaini Abdullah. Manuver politik dari Abu Doto bertemu dengan Setya Novanto selaku Ketua Umum Partai Golkar beberapa waktu lalu belum dapat dipastikan, bahwa Golkar akan mendukung Zaini Abdullah. Karena posisi Golkar Aceh di internalnya terbelah dalam menentukan dukungan politiknya ke Irwandi Yusuf dan Muzakir Manaf “kata Aryos”

Seperti informasi media yang dikutip Selasa 12/07/2016, menunjukan tim Abu Doto telah mendahului Abu Doto terkait penentuan pasangan calon wakil gubernur. Publik mengetahui tim Abu Doto telah memulai menggunakan sarana kampanye di media sosial dan berbentuk stiker dan lainnya. Sebelum ada kejelasan dan ketegasan kongkrit dari Abu Doto sendiri terkait paket yang diinginkan sebagai wakilnya. Secara tersirat publik melihat gelagat itu “tutup Aryos”.[*]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s