Zona Politik

Fantastis, Anggaran Pilkada Aceh Utara Terbesar se-Provinsi

Aceh Utara

ZONADAMAI.COM – Meski kondisi keuangan Kabupaten Aceh Utara sangat minim, namun penyelenggara Pilkada di Aceh Utara memaksakan agar disediakan anggaran yang cukup untuk pelaksanaan pesta demokrasi pada 2017 mendatang.

Jumlah anggaran yang diajukan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara mencapai Rp 92 miliar, namun Pemkab hanya menyetujui Rp 66.8 miliar, dengan catatan tiga kali amprah.

“Jumlah itu masih dinilai cukup besar dan perlu dipantau semua pihak, agar APBK milik masyarakat Aceh Utara tidak disalah gunakan para komisioner KIP tersebut,” tegas Direktur Eksekutif Reuncong Aceh, Zainal Abidin Badar kepada Wartawan, Rabu (13/7).

Dia menyebutkan anggaran Pilkada Aceh Utara terbesar jumlahnya se-Provinsi Aceh. “Anggaran itu cukup besar nilainya, jika digunakan untuk bantuan rumah dhuafa cukup banyak yang bisa dibantu, bahkan untuk bantuan sosial lainnya. Karena itu kita semua wajib memantau anggaran tersebut. Hendaknya KIP Aceh Utara bekerja profesional sehingga melahirkan Pilkada yang demokratis.”

Hal sama disampaikan mantan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Malikussaleh (Unimal), T. Andi Rachman. Menurutnya, pihak penyelenggara Pilkada selama ini hanya menyebutkan kebutuhan anggaran paling besar untuk membayar honor PPK dan lainnya.

Sementara pada Pilkada 2017, honor PPK menjadi beban KIP Aceh. “Itu artinya KIP Aceh Utara tidak transparan memaparkan kebutuhan biaya penyelenggaraan Pilkada. Karena itu kami minta semua pihak tidak terkecuali KPK, LSM, masyarakat dan para stakeholder memantau pemanfaatan dana tersebut,” tegas Rachman.

“Ini penting. Kalau biaya masih bisa dirampingkan, mengapa tidak. Karena sekarang Aceh Utara sedang morat-marit. Banyak warga miskin hidup di gubuk reot dan masih menunggu giliran bantuan rumah dhuafa dari pemerintah. Maaf, gubuk mereka lebih jelek dari kandang lembu orang kaya,” sebutnya.

Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib melalui Kabag Humas T. Nadirsyah dikonfirmasi Wartawan, Rabu (13/7) membenarkan jumlah dana yang disediakan Pemkab Aceh Utara untuk pelaksanaan Pilkada mencapai Rp 66,8 miliar. Sementara Ketua KIP Aceh Utara Jufri Sulaiman yang juga dikonfirmasi mengenai hal itu, belum berhasil dihubungi karena handphone-nya tidak aktif meski telah dicoba beberapa kali. [beritasore.com]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s