Zona Politik

Abdullah Saleh pernah bermanuver jadi Cawagub Aceh pada Pilkada 2017

abdullah-saleh

Abdullah Saleh

ZONADAMAI.COM – Tokoh Partai Aceh, Abdullah Saleh yang kini duduk sebagai salah satu Ketua Fraksi di DPR Aceh pernah berniat untuk maju sebagai calon wakil gubernur Aceh pada Pilkada 2017.  Hal itu diungkapkan oleh pengurus Harian Partai Aceh (PA) Jufri Hasanuddin sebagaimana dilansir  situs http://www.ajnn.net  edisi 16 Februari 2016.

Jufri Hasanuddin yang juga Bupati Aceh Barat Daya (Abdaya) menuturkan, Abdullah Saleh pernah meminta dukungan kepada dirinya sebagai calon wakil gubernur mendampingi Ketua PA Muzakir Manaf pada Pilkada 2017. Namun dirinya menolak permintaan itu, karena ia sudah mendukung calon lain. http://www.ajnn.net/news/bupati-jufri-waspadai-petualang-politik/index.html

“Ke depan ini jika dia tidak dicalonkan oleh Partai Aceh, dia tetap akan naik menjadi calon wakil gubernur, baik melalui partai lain maupun independen. Jika tidak juga, (Abdullah Saleh) akan mengerakkan Alabas,” ungkap Jufri menirukan perkataan Abdullah Saleh kepadanya kala itu.

Ketika dikonfirmasi ajnn.net ikhwal pertemuan untuk meminta dukungan dari Bupati Jufri tersebut, Abdullah Saleh membenarkannya. Pertemuan dengan Jufri itu terjadi sekitar April 2015. Namun dia menyatakan, hal yang sama juga dilakukannya kepada petinggi PA di sejumlah daerah serta kepada para ulama, baik di kawasan Alabas maupun di daerah lain.

“Saya memposisikan diri sebagai keterwakilan Ala-Abas. Beberapa menyatakan mendukung saya. Hal itu bahkan disampaikan secara tertulis. Dan itu dimuat di media massa. Dukungan juga saya minta kepada Wali Nanggroe,” kata Abdullah Saleh waktu itu.

Abdullah Saleh juga menegaskan dirinya menghargai hirarki politik dalam struktur kepengurusan Partai Aceh. Sehingga dia memposisikan diri sebagai wakil gubernur pada pilkada nanti. Andai saja Muzakir tidak maju sebagai calon gubernur, Abdullah Saleh menyatakan dirinya akan maju pada Pilkada 2017 sebagai calon gubernur.

Dalam perkembangannya, Muzakir Manaf akhirnya memilih TA Khalid dari Gerindra untuk mendampinginya sebagai Cawagub pada Pilgub tahun depan. Sementara itu, Bupati Jufri juga telah diminta beberapa elemen untuk maju kembali sebagai calon incumbent Bupati Abdaya pada Pilkada 2017 nanti. Permintaan itu antara lain datang dari  Majelis Mahasiswa Penyelamat Aceh Barat Daya (MMPA). [*]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s