Zona Editorial

Kawal Pilkada, Aparat Keamanan di Aceh Agar Waspadai Aksi Teror

Ali Azhari alias Jakfar-aceh

Ali Azhari alias Jakfar ketika meninggalkan LP Nusakambangan, Rabu (6/7/2016). Foto: detik.com

ZONADAMAI.COM – Isu terorisme kembali memanas seiring terjadinya rangkaian ledakan bom di beberapa negara dengan penduduk mayoritas memeluk agama Islam dalam beberapa hari belakangan, seperti Turki, Bangladesh, Irak, Arab Saudi, dan terakhir adalah aksi bom bunuh diri di Mapolresta Surakarta Indonesia, Selasa (5/7/2016).

Dalam suasana seperti itu Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia telah membebaskan seorang pelaku teror yang mendapat remisi khusus  dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah. Ia adalah Ali Azhari alias Jakfar yang telah tujuh tahun menjadi penghuni Lapas Nusakambangan.

Bebasnya Jakfar tentu menjadi tambahan pekerjaan rumah bagi aparat keamanan, khususnya aparat keamanan di Aceh, mengingat di wilayah ini tengah berlangsung proses Pilkada. Aparat keamanan di wilayah ini tengah giat mengawal proses pemilihan guburnur dan sejumlah Bupati dari berbagai gangguan dan aksi teror, termasuk kemungkinan aksi teror dari kelompok simpatisan Jakfar.

Jakfar ini telah dijemput sanak keluarganya pada Rabu (6/7/2016) di Pos Penjagaan Dermaga Wijayapura, Cilacap untuk kembali ke kampung halamannya di Kelurahan Keudah, Kecamatan Kutaraja, Kota Banda Aceh.

Tujuh tahun silam, pria 33 tahun ini dijatuhi hukuman penjara selama 7 tahun karena terlibat dalam kegiatan pelatihan militer di Aceh. Jakfar terbukti secara sah dan bersalah memberikan bantuan secara sengaja terhadap pelaku tindak pidana terorisme dengan menyembunyikan informasi tentang tindak pidana terorisme. [*]

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s