Zona Berita

Delapan Nama Besar Bersaing Menuju Bireuen 1, Pilkada Aceh 2017

BrieunZONADAMAI.COM – Kabupaten Bireuen merupakan salah satu daerah di Aceh yang akan ikut pada Pilkada serentak tahun 2017 untuk pemilihan bupati dan wakil bupati.

Sejumlah kandidat pun telah bermunculan untuk maju menjadi orang nomor satu di Kabupaten penghasil keripik pisang itu.

Perhelatan pesta demokrasi di Bireuen pada Pilkada 2017 mendatang, nampaknya semakin menarik. Enam nama calon mulai bermunculan menyatakan diri siap bertarung untuk memperebutkan kekuasaan di kabupaten yang terbentuk pada tahun 1999 itu.

Delapan kandidat ini mempunyai latar belakang yang berbeda, ada incumben, mantan kombatan, anggota dewan, pengusaha hingga pemimpin pondok pesantren.

Berikut sekilas profil delapan kandidat yang telah mulai muncul di Bireuen:

  1. H. Ruslan M. Daud

Ruslan M. Daud merupakan Bupati Bireuen yang menjabat sejak tanggal 25 Juli 2012. Ruslan pernah menjabat sebagai ketua Acheh World Trade Centre (AWTC), Kuala lumpur periode 2004-2007. Pria kelahiran Samalanga 11 Mei 1970 ini dikenal ramah dan akrab dengan masyarakat. Politisi partai Aceh ini juga aktif turun ke masyarakat guna menyerap keluhan rakyatnya. Atas dasar itulah, DPW PA Bireuen memilih mengusung kembali Bireuen menjadi orang nomor satu pada Pilkada serentak 2017 mendatang, namun usungan ini kemudian mendapat penolakan dari internal Partai Aceh, yang menginginkan H Khalili untuk maju. Sampai saat ini, belum diketahui bagaimana keputusan dari DPA Partai Aceh terkait siapa yang akan diusung di Bireuen nanti.

  1. Mustafa Gelanggang

Mantan bupati Bireuen Mustafa Geulanggang akan kembali bertarung di pilkada 2017. Mustafa sendiri sejauh ini telah melakukan pendekatan dengan sejumlah partai politik, salah satunya yaitu pada saat mendaftar ke partai Nasdem beberapa waktu yang lalu. Mustafa Gelanggang pernah menjabat sebagai orang nomor satu di kabupaten Bireuen pada periode 2002-2007. Bahkan beredar rumor, Mustafa Gelanggang unggul di beberapa survei elektabilitas untuk Pilkada Bireuen, bahkan suaranya cukup melonjak tinggi.

  1. H. Saifannur

H. Saifannur merupakan salah satu pengusaha besar asal kabupaten Bireuen. Saat ini, ia menjabat sebagai ketua DPC Golkar Bireuen. Keinginannya maju sebagai Bupati Bireuen lahir dari lubuk hati paling dalam dan ingin mensejahterakan rakyat. Beberapa waktu yang lalu, pada saat penyampaian visi dan misi di DPD I Golkar Aceh, pria yang akrab disapa Haji Saifan ini sangat menaruh harapan untuk diusung oleh Golkar pada Pilkada 2017 mendatang.

  1. Tgk H Muhammad Yusuf A Wahab (Tu Sop)

Tgk H Muhammad Yusuf A Wahab adalah salah satu ulama yang sangat dikenal di kabupaten Bireuen. Tokoh yang sering disapa Tu Sop Jeunieb ini memastikan diri maju sebagai bakal calon bupati Bireuen periode 2017-2022. Keputusan yang diambil Tu Sop terjun kedunia politik mendapat respon positif dari masyarakat. Meski demikian, tidak sedikit pula yang mengapresiasi langkah ulama asal Jeunib itu. Munculnya Tu Sop di bursa calon Bupati Bireuen membuat persaingan semakin sengit pada pesta Lima tahunan itu.

  1. H Khalili

H Khalili yang juga salah satu eks kombatan menyatakan siap untuk menjadi salah seorang calon Bupati Bireuen pada Pilkada 2017 mendatang. Dirinya juga mengatakan bahwa sudah didukung oleh beberapa Panglima Sagoe Komite Peralihan Aceh (KPA) Wilayah Bate Iliek. Meski demikian, ketua KPA wilayah Bate Ilik membantah kabar tersebut pada Mei lalu. Darwis Jeunib yang memiliki kapasitas sebagai ketua KPA menyatakan tetap komit mengusung Ruslan-Evendi menjadi Bireuen satu. Kini, polimik tersebut dikabarkan sedang diselesaikan oleh DPW PA Bireuen.

  1. Saifuddin Muhammad (Yahfud)

Anggota DPRA yang duduk di Komisi IV saat ini rencanannya akan diusung oleh Partai Nasdem, namun hingga saat ini masih menunggu hasil survei yang dilakukan oleh Partai besutan Surya Paloh itu. Bahkan sejumlah kader Nasdem di Bireuen secara terbuka telah menyatakan dukungannya, agar Saifuddin Muhammad maju untuk mencalonkan diri kali ini. Track record yang bagus dan kebersamaannya bersama masyarakat menjadi modal utama bagi Yahfud untuk maju di Bireuen.

  1. Evendi

Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Aceh ( DPRA) Evendi juga dikabarkan akan mengisi panggung pesta demokrasi Pilkada 2017 mendatang di Kabupaten Bireuen untuk menuju Bireuen satu. Evendi sudah mulai banyak diperbincangkan dikalangan masyarakat Bireuen, apalagi dimedia sosial seperti Facebook juga sudah muncul Facebook “Evendi Bupatiku”. Diketahui, Evendi menuju kursi parlemen Aceh menggunakan Partai Aceh, sementara Partai Aceh hingga saat ini berdasarkan pengakuan Tgk Darwis Jeunib akan mengusung Ruslan-Evendi.

  1. Amiruddin

Rektor Universitas Almuslim Bireuen Amiruddin juga digadang gadang sudah mulai menunjukkan sinyal akan merebut kursi Bireuen satu dalam Pilkada 2017 mendatang. Namun hingga kini belum ada Partai yang menyatakan akan mengusung Amiruddin, sejumlah baliho dan spanduk yang menyatakan Amir sebagai Calon Bupati Bireuen sudah mulai terpampang di Kabupaten Bireuen tersebut.

Sejumlah kandidat yang telah bermunculan ini, dianggap layak untuk memimpin Bireuen, tentunya dengan segala kelebihan dan kekurangan dari setiap kandidat.

Harapan dari masyarakat tidaklah banyak, masyarakat hanya berharap pemimpin Bireuen nanti dapat membawa sebuah perubahan nyata, bukan hanya mimpi belaka atau sebatas fatamorgana.[klikkabar.com]

Advertisements

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s