Zona Berita

KIP Aceh : Pendaftaran Calon PPS Aceh Timur Diperpanjang

kotaksuara

ZONADAMAI.COM – Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Ridwan Hadi, mengumumkan bahwa pendaftaran calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) Aceh Timur diperpanjang hingga 12 Juli 2016.

Dia menjelaskan, pendaftaran pertama calon PPS sudah dibuka sejak 24-29 Juni lalu, kemudian diperpanjang hingga 1 Juli. Rencananya calon PPS yang lulus akan diumumkan 4 Juli, tetapi setelah diverifikasi ternyata jumlah pendaftar PPS masih kurang.

Ridwan Hadi mengatakan, “Calon PPS yang kami terima berdasarkan usulan masing-masing keuchik belum mencapai kuota minimal yang diajukan. Masing-masing keuchik hanya mengusulkan tiga nama calon PPS. Seharusnya keuchik mengusulakn enam nama, dan yang akan diluluskan nantinya hanya tiga nama terdiri dari satu Ketua PPS dan dua anggota,” Minggu (03/07).

Karena itu, KIP memutuskan memperpanjang pendaftaran perekrutan PPS di Aceh Timur sampai 12 Juli 2016. “Keputusan ini disepakati setelah kami mengundang camat untuk membicarakan soal masih minimnya masyarakat Aceh Timur yang mencaftar sebagai PPS. Oleh karena itu perekrutan calon PPS kami perpanjang sampai 12 Juli 2016,” sebutnya.

Terkait hal itu, pihaknya meminta bantuan camat untuk mengkoodinir para keuchik agar bisa menyampaikan nama-nama calon PPS. “Minimal keuchik mengusulkan enam nama calon PPS ke KIP  Aceh Timur untuk diseleksi,” sebut Ridwan Hadi.

Apabila hingga 12 Juli nanti kuota sudah terpenuhi, maka akan dilanjutkan dengan verifikasi administrasi, dan pengumuman calon PPS dijadwalkan pada 14 Juli 2016. Sedangkan uji publik akan dilakukan pada 14-17 Juli 2016.

Ridwan Hadi juga menyampaikan bahwa pihaknya juga sudah selesai melaksanakan tahapan ujian tulis calon PPK di Aceh Timur. “Kami (KIP Aceh) sudah menyelesaikan tahapan ujian tulis untuk calon PPK yang diikuti 303 orang, dan sudah menyampaikan pengumuman nama-nama calon PPK yang lulus di 24 kecamatan di Aceh Timur, sejak 1 Juli 2016,” ujarnya.

Kepada calon PPK yang ingin mengetahui kelulusannya dapat melihatnya di website KIP  Aceh, ataupun di kantor camat masing-masing. “Kita berharap masyarakat bisa memberi tanggapan secara tertulis terhadap calon PPK yang lulus itu. Tanggapan masyarakat kita buka mulai 2-5 Juli,” demikian Ridwan Hadi.[aceh.tribunnews.com]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s