Zona Politik

Akademisi Aceh: Semua Kandidat Harus Berikan Pendidikan Politik Kepada Masyarakat

Untitled-1-3

ZONADAMAI.COM – Sepuluh tahun lebih perdamaian Aceh sudah berlangsung, kenyataannya masih banyak masyarakat Aceh yang hidup di bawah garis kemiskinan. Sehingga terkesan yang menikmati perdamaian hanya segelintir orang saja.

“Mereka yang berkuasa melupakan pentingnya keutuhan persatuan serta menjaga dan memelihara demokrasi sebagai bentuk rasa hormat dan menghargai atas hasil dan nilai-nilai perjuangan dari Perdamaian Aceh. Apalagi hanya untuk kepentingan kekuasaan sementara saja,” kata Iswadi, tokoh muda Aceh yang juga akademisi di salah kampus di Jakarta kepada GoAceh, Minggu (3/7/2016)).

Mantan Dekan III FKIP Universitas Serambi Mekkah ini juga mengatakan, pilkada bukanlah sekadar ditujukan hanya untuk mendukung kondusifnya iklim politik jangka pendek, yaitu melihat pilkada berjalan dengan aman.

Namun pasca-pilkada pun perlu dibangun upaya-upaya guna ‘memagari’ gubernur, bupati atau wali kota terpilih dengan pagar hukum, sehingga arah pembangunan sesuai dengan koridor hukum positif dan tujuan moral sosial.

Kandidat yang akan terpilih mampu membangun hubungan dengan konstituen dalam jangka panjang melalui jaringan berskala translokal. Sehingga memungkinkan apabila sukses (memimpin dengan baik, dan mengelola administrasi dengan benar), akan mempermudah membangun political market.

Oleh karenanya, putra kelahiran Desa Mesjid Laweung Kabupaten Pidie ini berharap para kontestan dalam pilkada mendatang diharapkan dapat memberikan pendidikan politik yang bijak kepada semua masyarakat Aceh dan saling menghargai satu sama lainnya.

Tunjukkan sikap sebagai putra daerah yang memiliki kesungguhan membangun Aceh demi kesejahteraan masyarakat dan kewibawaan Bumi Serambi Makkah ini, bukan sekadar ingin berkuasa, sehingga kualitas kandidat menjadi faktor utama, dan pentingnya ketokohan yang panutan.

“Semoga Pilkada yang akan berlangsung serentak pada Februari 2017, semua kandidat harus memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, agar masyarakat lebih memiliki kedewasaan dalam berpolitik. Begitu juga tata krama politik yang lebih sesuai dengan karakter bangsa dan masyarakat kita yang santun dan budaya islami.” [goaceh.co]

Advertisements

Categories: Zona Politik

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s