Zona Berita

Jelang Pilkada Aceh 2017 Puluhan Media Online Bermunculan

ilustrasi-media-online

ZONADAMAI.COM – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2017, puluhan mediaonline bermunculan di Aceh. Media-media baru itu diduga muncul hanya untuk kepentingan politik partisan di pilkada.

Direktur Lembaga Kajian Institute for Development of Acehnese Society (IDeAS) Munzami Hs mengatakan, dari riset yang dilakukan pihaknya hingga kini ada sekira 65 media online muncul di Aceh.

Munzami mengatakan, “Menjelang Pilkada 2017, sejak memasuki awal 2016, muncul media-media baru. Ketika kita data, tidak semua media hadir berbentuk PT, bahkan ada yang tidak menampilkan nama redaksinya,” Kamis (23/06).

Menurut dia, dengan hadirnya media baru tersebut, di satu sisi membuat arus informasi semakin cepat dan banyak referensi. Namun, Munzani menyayangkan adanya media baru yang cenderung melakukan provokasi dan mengarah pada berita adu domba. Hal tersebut dianggap bisa mengganggu suhu politik Pilkada Aceh.

Munzami menegaskan, “Namun, ada juga beberapa yang kita verifikasi bahwa mereka punya badan hukum. Tapi di luar itu, mungkin saya tidak perlu sebutkan, ada 60-an media yang saya liskan. Bahkan ada yang baru satu bulan,” ungkapnya.

Pihaknya pun meminta Dewan Pers serta organisasi pers yang ada untuk mendisiplinkan media tersebut agar edukasi publik bisa dilakukan dengan baik. Terlebih lagi pada pemberitaan pilkada, mampu menjunjung kode etik jurnalistik sehingga memunculkan pilkada damai.

Bulan ini akan kita publish urutan media-media di Aceh. Sehingga, masyarakat tidak salah mendapatkan berbagai informasi,” jelasnya.[portalsatu.com]

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s