Zona Politik

Ikrar Warga Aceh untuk Pilkada yang Aman, Damai dan Bermartabat

FB_IMG_1466593628142

ZONADAMAI.COM – Sekitar 120 warga sipil Aceh kemarin berikrar untuk mendorong terwujudnya Pilkada Aceh 2017 yang konstitusional dan beretika, di samping aman, damai, dan bermartabat.

Ikrar itu mereka cetuskan di akhir acara Round Table Discussion atas prakarsa Forum Aksi Bersih (Fraksi) Pilkada di Hermes Hotel Banda Aceh.

Diskusi tersebut berlangsung tiga jam dengan mengusung tema Sinergisitas antar Stakeholders menuju Pilkada Aceh aman, damai, dan bermartabat.

Dipandu Redaktur Pelaksana Harian Serambi Indonesia, Yarmen Dinamika, diskusi itu berlangsung seru. Karena format diskusi ini adalah focus group discussion (FGD), maka setiap peserta adalah narasumber.

Presentasi pertama diawali oleh Robby Syahputra SE, Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh. Menurutnya, hingga saat ini hampir tak ada kendala penyelenggaraan pilkada di Aceh, kecuali anggaran pilkada yang belum cair di Aceh Singkil, Pidie, dan Aceh Timur. Tapi karena naskah perjanjian hibah daerah (NPHD)-nya sudah diteken para bupati setempat, ia yakin kendala anggaran ini akan segera teratasi.

Tentang Qanun Pilkada Aceh yang kini revisinya sedang dibahas di DPRA, ia juga yakin akan bisa diselesaikan tepat pada waktunya. “Sudah tak ada lagi perbedaan yang prinsipil antara tim eksekutif dan Banleg DPRA,” kata Robby.

Ia juga menyebutkan, di 20 kabupaten/kota yang akan ikut pilkada serentak tahun 2017 kini sedang berlangsung rekrutmen penyelenggara pemilu kecamatan (PPK) dan petugas pemungutan suara (PPS). “Mereka bertugas untuk jangka waktu sembilan bulan,” kata Robby.

Pihak kepolisian yang diwakili Alfian selaku Kasubdit Politik Polda Aceh mengatakan, sejak lima bulan lalu Polda sudah aktif memantau dan mendata setiap hal yang berpotensi membuat Pilkada Aceh rawan. Kelak akan ditetapkan mana saja daerah yang rawan 1 dan rawan 2. Sejauh ini, kata Alfian, kondisi keamanan menjelang Pilkada Aceh terbilang kondusif, meski potensi kerawanan tetap ada.

Sedangkan Agus Hari selaku Kakumdam Iskandar Muda menegaskan bahwa setiap personel TNI di jajaran Kodam IM tetap akan menjaga netralitas dalam pilkada. Tidak berpihak dan tetap akan memback-up kepolisian dalam pengamanan pilkada. “Andaipun ada kandidat kepala daerah dari purnawiraan TNI, itu putus hubungannya dengan kita yang masih TNI aktif,” ujar Agus.

Kalangan akademisi, seperti Saifuddin Bantasyam MA, Fuad Mardhatillah MA, dan Dr Fajran Zein menyuarakan tentang pentingnya menjaga netralitas penyelenggara pemilu dan memastikan partisipasi pemilih optimal dan mereka tidak berada di bawah ancaman atau intimidasi ketika menggunakan hak pilihnya.

“Perlu diantisipasi kemungkinan terjadinya kekerasan dan kekacauan dalam pilkada supaya pilkada Aceh tetap berkualitas,” imbuh Fajran yang juga Dosen FISIP UIN Ar-Raniry.

Ia berharap setiap kader partai, saksi, ataupun masyarakat sipil aktif menggunakan media sosial untuk merekam dan melaporkan setiap kecurangan dalam pilkada.

Saifuddin menambahkan, pencerdasan pemilih mutlak dilakukan supaya Aceh mendapatkan pemimpin yang berkualitas.

Perlunya pemimpin yang cinta syariat Islam juga disuarakan oleh peserta dari Front Pembela Islam (FPI), untuk memimpin Aceh supaya hukum-hukum Allah tetap terjaga di bumi syariat ini. Islamlah, menurutnya, yang akan menjadi jawaban untuk menyejahterakan seluruh rakyat Aceh di bawah pemimpin yang mencintai rakyat dan dicintai rakyatnya.

Diskusi itu diakhiri dengan pendeklarasian Fraksi Pilkada Aceh oleh Sekjen Darlis Azis serta tausiah yang disampaikan Dr Hanasuddin Yusuf Adan MCL MA dari Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry. [aceh.tribunnews.com]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s