Zona Berita

Aryos Nevada: Cawagub Yang Akan Naik, Hanya Memberatkan Cagub Aceh Di Pilkada 2017

A NevadaZONADAMAI.COM – Pengamat politik dan keamanan, Aryos Nivada menyebutkan bahwa saat ini kandidat-kandidat cawagub yang telah dipasangkan dengan cagub, hingga saat ini belum memenuhi kriteria-kriteria yang memadai terutama dari sisi elektabilitas yang dimiliki.

Aryos mengatakan, “Semua cawagub yang telah dipasangkan, dari hasil survei yang kami lakukan itu belum memiliki popularitas dan lemah dari tingkat elektabilitasnya”.

Tiga kandidat yang sudah menyatakan maju di Pilkada 2017, yakni Muzakir Manaf – TA Khalid, Zakaria Saman – T Alaidinsyah dan Irwandi Yusuf – Nova Iriansyah.

Namun menurut Aryos, kandidat lain juga sudah fix dengan pasangannya, seperti Zaini Abdullah akan berpasangan dengan Nasruddin yang merupakan Bupati Aceh Tengah serta Tarmizi Karim yang akan berduet antara Zaini Djalil atau T M Nurlif.

Aryos mengungkapkan, pasangan cawagub yang dipilih idealnya melihat enam aspek, yaitu sisi kesukuannya, teritorial sosial kebudayaan, basis pemilih, kapasitas, skil komunikasi dan jaringan yang dimiliki ke pusat maupun internasional.

Namun semua cawagub ini belum memenuhi kriteria-kriteria ideal itu, seperti TA Khalid yang masih bermasalah dengan dukungan internalnya dan juga sangat lemah dari sisi elektabilitas yang dimiliki, sama halnya dengan T Alaidinsyah, “meskipun T Alaidinsyah dalam survei kami menunjukan ada sedikit elektabilitas, namun masih sangat kurang untuk mendampingi cagub,” lanjut Aryos.

Sementara Zaini Djalil, TM Nurlif dan Nova Iriansyah juga memiliki plus minus, dan dianggap belum cukup layak untuk dipinang sebagai cawagub, tingkat elektabilitas mereka masih sangat kurang, kata Aryos.

Aryos menambahkan, “Sama halnya dengan Nasruddin yang akan dipilih oleh Zaini Abdullah, tingkat elektabilitasnya di dataran tinggi Gayo juga masih minim. Berdasarkan survei kami, elektabilitasnya hanya tinggi di Aceh Tengah dan Bener Meriah, sementara di Gayo Lues dan Aceh Tenggara tingkat popularitas dan elektabilitasnnya masih sangat rendah”.

Intinya adalah cawagub-cawagub saat ini belum cocok mendampingi cagub yang akan maju di Pilkada. “Harusnya wakil gubernur menjadi kunci kemenangan di Pilkada kali ini, bukan memberatkan cagub untuk memenangkan Pilkada,” pungkas Aryos.[klikkabar.com]

Advertisements

Categories: Zona Berita, Zona Politik

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s