Zona Berita

Sibuk Pilkada, Pemerintah Aceh Lupakan Ekonomi Rakyat

Dema UIN Ar-Rayni

Suasana diskusi

ZONADAMAI.COM -Hasil diskusi dewan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Rayni di Banda Aceh, Selasa (7/6/2016) menyimpulkan, Pemerintah Aceh saat ini lupa memikirkan ekonomi rakyat, lantaran kesibukan mengurusi Pilkada.

Salah satu topik diksusi “Pembahasan Kinerja pemerintah aceh dalam Meningkatkan Taraf Ekonomi Rakyat”  disajikan oleh Musafir, Ketua Umum dewan mahasiswa FEBI UIN Ar-Rayni.

Putra Peureulak inimenyoroti berbagai hal yang menyebabkan rendahnya kondisi taraf ekonomi masyarakat Aceh, padahal Aceh diguyur dana Otsus berlimpah. Ia menyimpulkan, penyebabnya adalah korupsi.

Salah satu tolok ukur untuk mengukur kinerja Pemerintah Aceh menurut Musafir adalah jumlah penduduk miskin di wilayah itu. Meningkatnya jumlah penduduk miskin dari tahun ke tahun  membuktikan buruknya kinerja Pemerintah Aceh selama ini. Pengangguran bertambah sekitar 7 ribu orang tahun ini menjadi 187 ribu orang.

“Kemana dana otonomi khusus?” tanya Musafir,

Menurutnya, kondisi politik Aceh jelang Pilkada ikut pula memicu buruknya perbaikan ekonomi Aceh.

“Berani kami katakan pemerintah Aceh sama sekali tidak memikirkan rakyat, setidaknya semenjak dua tahun belakangan ini dikarenakan sibuk dengan berbagai hal cengkoneknya PILKADA,” ujar Musafir.

Produk-produk politik yang dihasilkan DPRA, lanjut Musafir, juga fokus pada urusan Pilkada, bukan untuk memperbaiki kondisi ekonomi. Uniknya, pihak eksekutif pun sangat ngotot di pembahasan qanun Pilkada ini, jelas ada permaianan dan kepentingan. Padahal masih banyak qanun – qanun yang bisa dibahas untuk kesejahteraan rakyat lainya seperti qanun KKR, qanun pertanahan , qanun PP MIGAS yang sampai saat ini belum realisasikan.

Kiban Aceh ukeu?” tanyanya dalam bahasa Aceh, ikhawan kekhawatirannya akan masa depan Aceh.

Musafir memprediksi, jika tidak ada perbaikan signifikan, di Tahun 2020 Aceh bakal terpuruk dalam kemiskinan akut. [*]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s