Zona Berita

Pembahasan Revisi Qanun Pilkada, Banleg dapat Memahami Sikap Pemerintah

iskandar-usman-dpra

Iskandar Usman Alfarlaky

BANDA ACEH – ZONADAMAI.COM: Pembahasan revisi Qanun Pilkada yang sempat mandeg beberapa waktu lalu, dijadwalkan akan dilanjutkan kembali. Ketua Banleg DPR Aceh, Iskandar Usman Al Farlaky mengatakan, pihaknya sudah melayangkan surat kepada Gubernur Aceh untuk menyelesaikan pembahasan revisi qanun tersebut.

Pembahasan revisi qanun tersebut sempat mandeg selama beberapa waktu lantaran  pihak eksekutif dan legislatif berbeda pandangan soal ketentuan pasal 24. Pasal tersebut mengatur tentang syarat dukungan kepada calon perseorangan (independen) yang harus dibuat secara individu, diberi materai, dan mengetahui keuchik setempat atau nama lain.

Ketentuan ini dinilai memberatkan calon perorangan, sehingga pihak eksekutif secara sepihak menghentikan pembahasan revisi qanun yang sudah tidak sesuai lagi dengan dengan UU Pilkada yang baru dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) itu.

Pihak Banleg DPR Aceh tampaknya sudah mulai dapat memahami sikap penolakan eksekutif atas rumusan pasal 24 tersebut, dan sudah melayangkan surat kepada Gubernur untuk membahas secara khusus Pasal tersebut.

“Kita akan sinkronkan dengan hasil revisi undang-undang Nomor 8 tentang Pilkada,” kata Iskandar Usman Al Farlaky  saat ditemui di salah satu warung kopi di Banda Aceh, Sabtu, 4 Juni 2016 malam.

Dia mengatakan anggota DPR Aceh tidak akan surut bekerja menuntaskan semua program atau tugas meskipun Ramadhan sejatinya sebagai bulan ibadah. [*]

Advertisements

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s