Zona Berita

KNPB Sebarkan Pembohongan Publik tentang Pertemuan ULMWP dan MSG

ilustrasi: aksi pemuda Papua pendukung Papua merdeka (suarakolaitaga.blogspot.com)

ilustrasi: aksi pemuda Papua pendukung Papua merdeka (suarakolaitaga.blogspot.com)

JAYAPURA – ZONADAMAI.COM: Komite Nasional Papua Barat (KNPB) mengklaim bahwa hari ini, Selasa (31/5/2016) telah ada pertemuan organisasi perkumpulan negara melanesia (MSG) dengan sejumlah United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) di Papua Nugini.

Namun berdasarkan klarifikasi pihak Polda Papua ke pemerintah PNG, tak ada kegiatan pertemuan antara tokoh ULMWP dengan anggota MSG. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Patrige Renwarin di Jayapura pada Selasa (31/5/2016).

Patrige mengatakan, KNPB telah melakukan pembohongan publik dengan menyebarkan selebaran ke masyarakat bahwa telah ada pertemuan antara ULMWP dan MSG.

“Dari penelusuran kami, teryata ada kegiatan KTT di Papua Nugini yang melibatkan puluhan negara negara dari kawasan ACP (Africa, Caribean, Pacific) yang diikuti sebanyak 80 negara. Kegiatan ini terselenggara sejak 30 Mei hingga Rp 1 Juni,” paparnya.

“KNPB telah melakukan pembohongan publik dengan menyebarkan selebaran ke masyarakat bahwa telah ada pertemuan antara ULMWP dan MSG.”

Patrige menuturkan, Sekjen ULMWP Oktavianus Mote dan Juru Bicara ULMWP Benny Wenda sudah beberapa kali ditolak kehadirannya oleh Pemerintah Papua Nugini (PNG).

“Bahkan Oktovianus Mote sendiri telah diamankan aparat keamanan PNG ketika berkunjung ke negara itu. Dia akan segera dideportasi dari PNG,” tutur Patrige.

Ia pun menambahkan, KNPB telah memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk memberikan informasi tak benar demi perjuangan Papua merdeka. Namun, masyarakat Papua sudah mampu menganalisa bahwa banyak informasi yang disebarkan KNPB tidak sesuai fakta.

“Kesimpulannya negara-negara yang tergabung dalam organisasi MSG menolak mentah-mentah utusan ULMWP,” tambah Patrige.

Sebelumnya Juru Bicara Organisasi Papua Merdeka Seby Sambom, menyatakan, pihaknya akan memperjuangkan referendum melalui jalur MSG dan gerilya di hutan.

“Dengan adanya aspirasi di MSG, pembicaraan mengenai Papua merdeka akan di bawah ke PBB,” tambahnya. [KOMPAS.COM]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s