Zona Berita

‘Jangan Bodohi Papua dengan Iming-iming Kemerdekaan’

Bakar BK di Keerom

Massa pemuda Keerom membakar bendera Bintang Kejora yang menjadi simbol gerakan Papua Merdeka, Senin 30/5/2016 (VIVA.co.id)

KEEROM – ZONADAMAI.COM: Menyikapi rencana aksi Komite Nasional Papua Barat (KNPB) pada 31 Mei 2016, para pemuda Papua yang mendiami wilayah perbatasan di Keerom tegas menolak aksi tersebut.

Di depan Kantor Bupati Keerom, para pemuda itu membakar bendera Bintang Kejora. Aksi pembakaran bendera lambang Papua merdeka itu mereka lakukan pada Senin, 30 Mei 2016.

“Jangan bodohi rakyat Papua, dengan iming-iming kemerdekaan. Rakyat Papua hanya butuh pembangunan,” kata orator demo Herman Yoku, sembari membakar bendera Papua Merdeka.

Dalam orasinya, massa menyebut bahwa pemerintah harus menindak tegas aktivitas KNPB. Sebab sudah meresahkan warga di Papua. “KNPB bukan organisasi resmi, jadi rakyat Papua tak mengenalnya, sebaiknya aparat menindak mereka,” kata Yoku.

Terkait dengan status politik Papua, kelompok ini juga memastikan bahwa Papua sudah sejak lama tidak bisa dipisahkan dari Indonesia. Dan hal itu telah diakui badan Perserikatan Bangsa-bangsa sejak tahun 1962. “Jadi jelas tidak ada lagi yang perlu dipersoalkan,” katanya.

Dari pantauan, aksi ini nyaris terjadi kericuhan. Sebabnya ada sekelompok orang yang menentang aksi pembakaran bendera Papua Merdeka.

Namun beruntung, kepolisian setempat segera menyikapinya dan membubarkan seluruh aksi massa. “Kalau ada yang menentang ya itu dinamika, namun tidak sampai terjadi keributan,” kata Kapolres Keerom Tober Sirait.

Rencana aksi massa KNPB sudah sejak Sabtu 28 Mei 2016, memang sudah didengungkan. Sejumlah aktivis KNPB telah membagikan sejumlah selebaran di beberapa ruas jalan untuk mengajak masyarakat Papua untuk ikut referendum penentuan nasib Papua. [VIVA.co.id]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s