Zona Hukum

Tengku Ni Bakal Digancar Pasal Berlapis

Tengku Ni

ZONADAMAI.COM – Sudah lewat dua pekan Dit Reskrimum Polda Aceh memeriksa Ketua KPA Wilayah Pasee, Teungku Zulkarnaini Hamzah atau yang akrab disapa Tgk Ni dalam kasus dugaan penghinaan terhadap Presiden RI. Namun hingga hari ini ikhwal penghinaan itu tampak sepi dari pemberitaan media. Yang ramai terdengan justeru isu tentang pergantian Kapolda Aceh pasca pemeriksaan Tgk. Ni.  Publik jadi bertanya-tanya, ada apa?

Dir Reskrimum Polda Aceh Kombes Pol Nurfallah mengatakan, pihaknya sudah memeriksa Tgk Ni pada 13 Mei 2016 hingga pukul 11.00 malam. Harusnya pemeriksaan dilanjutkan lagi esok harinya, tapi Tgk Nie minta istirahat. Pemanggilan kedua sudah dilayangkan kepada Tgk. Ni untuk diperiksa pada 24 Mei 2016, namun ybs mengirimkan surat sakit.

Tengku Ni dipanggil Polda Aceh karena pernyataannya yang disampaikannya pada acara peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw yang diselenggarakan Partai Aceh (PA) di Kantor DPW-PA, Geudong, Aceh Utara pada 7 April 2016.  Rekaman video pidato Tgk. Ni tersebut beredar luas melalui akun Youtube di internet yang kemudian disadur dan ramai diberitakan. https://www.youtube.com/watch?v=YQWLtgy6b4c.

“Setelah pemanggilan kedua kami kordinasikan kembali dengan jaksa. Bukan hanya (pasal) pencemaran nama, (tapi juga) bisa digunakan Pasal 156, 160 dan 207 tentang penghinaan terhadap simbol-simbol negara,” ujar Nurfallah. http://www.ajnn.net/news/alasan-sakit-tgk-nie-tidak-penuhi-panggilan-kedua-penyidik/index.html?1462072140000

Pencemaran nama baik dalam KUPH dikenal ‘penghinaan’ yang termuat dalam Pasal 310 s.d 321 KUHP. Perbuatan yang diancam pidana menurut pasal-pasal tersebut adalah perbuatan atau tindakan yang merugikan nama baik dan kehormatan seseorang.

Sedangkan pasal tambahan yang disebutkan oleh Dir Reskrimum Polda Aceh yaitu:

Pasal 156 berbunyi: Barangsiapa di muka umum menyatakan perasaan permusuhan, kebencian atau penghinaan terhadap suatu atau beherapa golongan rakyat Indonesia, diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah. Perkataan golongan dalam pasal ini dan pasal berikutnya berarti tiap-tiap bagian dari rakyat Indonesia yang berbeda dengan suatu atau beberapa hagian lainnya karena ras, negeri asal, agama, tempat, asal, keturunan, kebangsaan atau kedudukan menurut hukum tata negara.

Pasal 160: Barangsiapa di muka umum dengan lisan atau tulisan menghasut supaya melakukan perbuatan pidana, melakukan kekerasan terhadap penguasa umum atau tidak menuruti baik ketentuan undang-undang maupun perintah jabatan yang diherikan berdasar ketentuan undang-undang, diancam dengan pidana penjara paling lama enam tahun utau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

Pasal 207: Barang siapa dengan sengaja di muka umum dengan lisan atau tulisan menghina suatu penguasa atau hadan umum yang ada di Indonesia, diancam dengan pidana penjara paling lama satu tahun enam bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

Pengenaan pasal-pasal tersebut dinilai sepadan dengan perbuatan Tengku Ni. Ia telah menyampaikan opini di muka umum yang dapat merendahkan martabat Presiden, yang adalah simbol Negara.

“Ini penting supaya kita jadi bangsa yang beradab…” kata Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly. http://serojanews.blogspot.co.id/2015/08/yasonna-pasal-penghinaan-sekarang-beda.html

Melihat tingkap pola Tengku Ni yang mulai menghindari pemanggilan Polda dengan modus ‘surat sakit’ akan lebih baik kalau kasus ini dilimpahkan ke Mabes Polri di Jakarta. Ada banyak contoh kasus dugaan pidana yang diambil alih Mabes Polri, seperti kasus ‘dana siluman’ RAPBD DKI JAkarta 2015. Kasus terkait pengadaan uninterruptible power supply (UPS) ini sengaja diambil alih Mabes Polri guna menghindari hal-hal yang dapat mengganggu proses penegakan hukum. Tgk. Ni bersama kasusnya dapat segera diserahkan ke Jakarta (Mabes Polri) mengingat Tgk. Ni adalah mantan panglima GAM yang masih memiliki anak-buah. Mereka dapat menjadi (f)actor yang mengganggu proses penegakan hukum. [*]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s