Zona Berita

Kombes: Pemimpin Aceh tak harus dari Parpol

Teungku-Helmi-Tengah-KOMBES

Teungku Helmi jubir KOMBES (tengah). Foto: liputanrakyat.com

*) Banyak sosok pemimpin dari luar parpol yang memiliki integritas dan kredibilitas

ZONADAMAI.COM – Kalangan muda yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Aceh Besar Satu (KOMBES) memiliki kriteria sendiri tentang calon kepala daerah yang akan maju dalam Pilkada serentak 2017 nanti. Bagi mereka, sosok pemimpin tak mesti berlatar belakang kader partai politik (parpol). Banyak calon pemimpin yang memiliki potensi dan latar belakang yang bagus justru berada di luar parpol.

Karena itu, Parpol sebagai kendaraan politik wajib menampung calon potensial dari luar parpol. Hal itu diungkapkan oleh Teungku Helmi selaku jubir Kombes di Jantho, Aceh Besar, Selasa (24/5/2016).

“Parpol harus memberi kesempatan seluas-luasnya. Hal ini jelas untuk menarik minat masyarakat berpastisipasi secara demokratis. Makin banyak dan beragam calon pemimpin berbanding lurus dengan banyaknya partisipasi masyarakat dari kalangan Non Partai,” kata Teungku Helmi.

Menurutnya, proses melahirkan pemimpin di Aceh selama ini, baiksebagai  Cagub/Cawagub Maupun Cabub/Cawabub yang berasal dari kader parpol, tidak melahirkan pemimpin yang benar-benar bersama. Ia hanya menjadi perpanjangan kepentingan kelompok atau simpatisan partai yang mengusungnya.

Ia menyarankan, untuk mewujudkan proses demokrasi yang benar, kita juga selaku masyarakat wajib mendorong tokoh-tokoh non partai yang memiliki integritas dan kredibilitas untuk diakomodir oleh parpol.

“sehingga kita memiliki pemimpin yang benar-benar bisa diterima oleh semua kalangan Masyarakat,” pungkasnya.[*]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s