Zona Berita

Panglima TNI: Pembukaan Jalan Bisa Lupakan Tuntutan Merdeka di Papua

ilustrasi: suasana di Kab. Lanny Jaya

ilustrasi: suasana di Kab. Lanny Jaya

JAKARTAZONADAMAI.COM:  Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyambut baik pembukaan jalan raya di Papua. Dia mememinta seluruh pasukannya yang bertugas di Papua agar menyukseskan pembangunan jalan yang ada.

“Tanpa jalan, tak mungkin ada kesejahteraan. Saya yakin setelah ekonomi merata, Papua akan aman dan Jayapura pun akan aman. Nanti masyarakatnya akan sibuk sendiri. Jadi tidak ada ideologi Papua Merdeka. Yang ada bagaimana keadilan dan kesejahteraan karena tak mungkin kesejahteraan tanpa infrastruktur,” kata Gatot lewat keterangan pers yang diterima SP, Jumat (29/4/2016).

Pada Kamis (28/4), Gatot sempat meninjau jalan Trans Papua di Distrik Mamugu, Kabupaten Asmat, Papua. Saat meninjau, Gatot Nurmantyo didampingi Kasad Jenderal TNI Mulyono, Asops Kasad Mayjen TNI Johny L. Tobing, Aster Panglima TNI Mayjen TNI Wiyarto, Kapuspen TNI Mayjen TNI Tatang Sulaiman, Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian, Waasops Panglima TNI Laksma TNI Harjo Susmoro, Danrem 174/Merauke Brigjen TNI Achmad Marzuki dan Dirziad Brigjen TNI Irwan.

Gatot menjelaskan kurang lebih 11 kilo lagi jalan Trans Papua itu bisa dilalui. Dipastikan, bulan Juni mendatang, anggotanya sudah bisa tinggalkan Papua karena pada bulan Agustus, jalan tersebut akan dilalui oleh Presiden dari Pelabuhan Mamugu. Di Pelabuhan Mamugu bisa 250 ton kapal, kemudian bongkar muat disana, jadi bisa lewat tanpa hambatan sampai di Kenyam. Kalau sudah selesai ini, maka bisa seperlimanya harga disana.

Seperti kita ketahui bahwa di Wamena harga semen satu sak bisa mencapai 1,2 juta. Padahal harga semen di Jawa sekitar 80 ribuan.

“Semoga dengan jalan ini bisa dilalui, maka harga semen bisa sampai 250 ribu.

“Kita bekerja sambil mengamankan diri, keamanan tanggung jawab Pangdam. Jadi tidak ada satu jengkal tanah pun di Republik Indonesia ini tak aman. Saya katakan ke Presiden, Presiden mau kemana pun di Republik ini, harus bisa, kalau simpul-simpul ekonomi sudah ada di sekitar jalan ini, saya yakin masyarakat sendiri yang mengamankan, karena masyarakat sendiri yang merasakan nikmatnya terbuka dari isolasi ekonomi. Kenyam ini akan menjadi kota yang luar biasa,” tuturnya. [http://www.beritasatu.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s