Zona Berita

Qanun Pilkada Aceh, tunggu Rujukan dari Pusat

abdullah-saleh

Ketua Komisi I DPRA, Abdullah Saleh

ZONADAMAI.COM – Rancangan Qanun tentang Pilkada Aceh tidak dapat diputuskan sendiri oleh otoritas Aceh, tetapi harus mengikuti atau ada rujukan secara nasional. Karena itu, Ketua Komisi I DPRA, Abdullah Saleh mengatakan pihaknya akan menunda pembahasan dan pengesahan Qanun terkait Pilkada setelah revisi revisi Undang-undang Pilkada secara nasional disahkan.

“Jadi, barang kali ini pertimbangan mengapa pengesahan Qanun Pilkada ditunda. Setelah UU Pilkada secara nasional disahkan, maka Qanun Pilkada Aceh tinggal penyesuaiannya saja,” kata Abdullah Saleh di Banda Aceh, Kamis (12/5/2016).

Pernyesuaian itu, sebutnya, di antaranya syarat calon perseorangan. Kemudian masyarakat mundur dari jabatan atau dari status sebagai pegawai negeri sipil, anggota TNI/Polri, serta anggota legislatif.

“Termasuk mundur dari jabatan bagi kepal daerah yang menjabat. Aturan ini kan masih berlaku, karena revisi UU pilkada belum disahkan,” ungkap Abdullah Saleh.

Begitu juga mundur PNS, TNI/Polri, dan anggota legislatif, katanya, UU pilkada sebelum revisi mengharuskan mundur permanen. Karena itu, pengesahan qanun pilkada Aceh ditunda menunggu pengesahan revisi UU pilkada secara nasional.

Abdullah Saleh menegaskan, qanun atau peraturan daerah berada di bawah peraturan perundang-undangan. Jadi, setiap apa yang diatur tidak bertentangan dengan undang-undang uang berlaku.

“Artinya, qanun pilkada Aceh yang nantinya disahkan ketentuannya tidak boleh menyimpang dari peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Abdullah Saleh. [Antara]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s