Zona Berita

Perpecahan PA jadi Perhatian Polda Aceh

diskusi unsiah

Diskusi di Aula kampus FISIP Unsyiah Darussalam Banda Aceh, Senin (9/5/2016)

BANDA ACEH-ZONADAMAI.COM: Kepolisian Daerah (Polada) Aceh sudah memetakan daerah dan individu yang berpotensi menimbulkan kerawanan keamanan menjelang Pilkada 2017. Di antara sejumlah faktor pemicu gangguan kamtibmas terkait pelaksanaan Pilkada adalah Perpecahan di tubuh Partai Aceh (PA).

Kasubdit Politik Dirintelkam Polda Aceh AKBP Alpian, SH, mengungkapkan hal itu secara terbuka kepada para peserta Diskusi publik dengan tema “Peran Aktor Keamanan Dalam Memastikan Pengamanan Pada Pilkada 2017 di Provinsi Aceh”, yang digelar di Aula kampus FISIP Unsyiah Darussalam Banda Aceh,  Senin, (9/5/2016).

“Dalam pantauan kami munculnya para bakal calon gubernur, bupati/walikota terlalu awal adalah salah satu faktor pemicu, selain itu perpecahan di tubuh Partai Aceh baik di level calon gubernur maupun bupati juga sangat berpengaruh,” ungkap Alpian.

Untuk itu, lanjut Alpian, pihaknya sudah mengambil langkah-langkah antisipasi dan rencana pengamanan.

Salah satu pantauan utama Polda Aceh, tutur Alpian, adalah kekisruhan pencalonan Bupati Nagan Raya dan Bireuen dari Partai Aceh. Kekisruhan itu berpotensi menimbulkan kerawanan jangka panjang apa bila tidak di selesaikan.

Dalam diskusi yang diselenggarakan oleh Forum diskusi Political Club Fisip Unsyiah, bekerja sama dengan Jaringan Survey Initiative (JSI), dan laboratorium Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala itu, Alpian mengatakan selain memantau perpecahan di tubuh PA, Polda Aceh juga memantau institusi pemerintah daerah dan penyelenggara pemilu (KIP dan Panwaslih) baik di tingkap provinsi maupun di  kabupaten/ kota.[*]

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s