Zona Berita

Rakyat Aceh Jangan dijadikan Korban Intervensi Kelompok Tertentu

Konflik Aceh

ZONADAMAI.COM – Tanggapan terkait bendera Aceh juga disampaikan Mahasiswa Pemuda Peduli Perdamaian Aceh (M@PPA). Isu bendera dikatakan telah mempengaruhi legitimasi Pemerintah Aceh di mata publik, sebab ini merupakan salah satu janji politik saat kampanye 2012 lalu.

Apalagi ada pihak-pihak yang dulunya lantang memperjuangkan bendera, sekarang mencoba buang badan dalam menyikapi persoalan bendera dengan dalih hanya sebagai ban serap pemerintah,” ungkit Koordinator Pusat M@PPA, Azwar AG, kepada Serambi, Jumat (6/5).

Dia mengatakan, semakin cerdasnya masyarakat dalam menyikapi dinamika politik Aceh menjelang pilkada menandakan bahwa kelompok mayoritas berada dalam krisis kepercayaan terhadap persoalan kesejahteraan, angka kemiskinan, ketersedian lapangan kerja, dan realisasi poin-poin MoU Helsinki.

“Apa bedanya isu bendera dengan isu lain yang sekarang belum terselesaikan, seperti KKR, Komisi Klaim, pembagian lahan untuk mantan kombatan, dan kesejahteraan bagi anak yatim korban konflik. Apa ini substansi dari perdamaian yang menyeluruh dan bermartabat yang dirumuskan di Helsinki?” pungkas Azwar.

Oleh karena itu, ia mengajak Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Aceh agar kembali kepada substansi perdamaian. Hari ini bukan saatnya merumuskan kebijakan yang menguntungkan minoritas, sehinga kelompok mayoritas menjadi masyarakat kelas dua di tanah sendiri. Begitu juga dengan identitas Aceh yang harus menjadi simbol Persatuan Aceh.

Kami mengharapkan kepada para ulama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan kaum intelektual untuk bisa memberikan pencerdasan publik kepada masyarakat agar masyarakat tidak menjadi korban intervensi kelompok tertentu yang pemikiran mereka sudah dihantam oleh gelombang materialisme, yang hanya mementingkan kepentingan sesaat,” demikian Azwar.[serambinews.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s