Zona Tokoh

Ramos Horta: Anggaran Papua 10 Kali Anggaran Timor Leste

ramos-horta

“Kalau ada kelompok dari Timor Leste yang mendukung lepasnya Papua dari NKRI tunjukkan ke saya dan saya akan memberikan hadiah,” tegas Ramos Horta.

JAYAPURA – ZONADAMAI.COM: Mantan Presiden Leste Ramos Horta sedang berkunjung ke Papua. Tokoh yang pernah terlibat langsung dalam perjuangan kemerdekaan Timor Timur (sekarang disebut Timur Leste) itu berada di Tanah Papua atas undangan Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan yang merupakan teman akrabnya.

“Saya sangat terkesan dengan apa yang saya lihat, berbagai kemajuan terus dicapai oleh Papua. Di bawah kebijakan Presiden Jokowi, yang bebaskan siapa saja masuk ke Papua sangat baik dan tidak seketat dulu, dan ini saya alami sendiri saat ini,” lanjutnya.

Ramos juga memuji soal pencapaian SDM Papua yang mengalami peningkatan yang cukup signifikan berkat pembangunan yang terus digalakkan oleh pemerintah Indonesia.

“SDM Papua sudah semakin maju, ada pilot Papua, ada Jenderal Fredy Numberi. Saran saya, anak-anak Papua harus belajar dan belajar, yang tadi tidak bisa akan bisa dan bisa sukses. Karena dengan pendidikan yang tinggi, bisa bangun Papua melebihi Bali atau Jawa,” katanya.

Selama berada di Jayapura, Ramos Horta sempat menemui sejumlah pihak, diantaranya Kapolda Papua, Pangdam Cenderawasih, Gubernur Papua dan sejumlah tokoh penting lainnya.

Timor Leste tidak akan mendukung kelompok separatis yang memperjuangkan lepasnya Papua dari NKRI.

Ramos yakin, kemajuan yang dicapai Papua saat ini tidak lepas dari Anggaran Negara yang dikucurkan untuk membangun berbagai aspek kehidupan di Papua. Menurutnya, Anggaran di Papua sangat besar sekitar 10 kali dibandingkan anggaran di negaranya.

“Saya percaya dengan kepemimpinan Presiden Jokowi yang akan membawa perubahan di Tanah Papua,” kata Horta di Jayapura, Selasa malam.

Ramos Horta menegaskan Timor Leste juga mendukung Papua tetap dalam NKRI dan tidak mendukung upaya dari kelompok kelompok tertentu untuk memisahkan diri.

Timor Leste tidak akan mendukung kelompok separatis yang memperjuangkan lepasnya Papua dari NKRI.

“Kalau ada kelompok dari Timor Leste yang mendukung lepasnya Papua dari NKRI tunjukkan ke saya dan saya akan memberikan hadiah,” tegas Ramos Horta.

Menurut dia, pemerintah Indonesia juga diminta merangkul OPM karena manusia dan bukan musuh sehingga perlu bicara dari hati ke hati seperti halnya yang dilakukan terhadap GAM di Aceh.

Situasi di Papua aman dan pembangunan berjalan baik namun kekerasan harus dikurangi, harap Ramos Horta.

Mantan Presiden Timor Leste juga mengakui, anggaran yang dikucurkan ke Papua sebesar Rp 10 triliun itu 10 kali dari anggaran di negaranya.

Karena itu pemerintah di Papua diharapkan fokus kepada pendidikan sehingga bisa merubah Papua, kata Ramos Horta seraya menambahkan kunjungan ke Papua merupakan undangan dari Menkopolhukam Luhut Pandjaitan yang sudah menjadi sahabat sejak 20 tahun lalu.

Selama berada di Jayapura, Ramos Horta selain melakukan kunjungan kehormatan kepada Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian dan Gubernur Papua Lukas Enembe juga meninjau sejumlah sekolah dan rumah sakit. [Antaranews]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s