Zona Berita

Benny Wenda Serukan Referendum

benny-wenda

LONDON – ZONADAMAI.COM:  Benny Wenda, yang dulu pernah ditangkap di Indonesia karena kasus kriminal dan kini tinggal di Oxford Inggris, kembali menyampaikan tuntutan pemungutan suara bagi masa depan politik Papua dalam konferensi pers di sebuah hotel berbintang empat di pusat kota London, Selasa, 3 Mei 2016.

Konferensi pers tersebut digelar jelang pertemuannya dengan beberapa anggota parlemen Inggris. Wenda mengatakan selain penegakan hak asasi manusia di Papua Barat, Gerakan Bersatu Pembebasan Papua Barat (ULMWP) juga menuntut penentuan nasib dan masa depan politik sendiri.

“Gerakan kelompok kami yakin satu-satunya cara untuk mencapai tujuan dengan damai adalah melalui proses penentuan nasib sendiri yang melibatkan pemungutan suara yang diawasi secara internasional,” katanya melalui keterangan persnya seperti yang dikutip BBC, Rabu, 4 Mei 2016.

Menurut dia, pemungutan suara atau referendum harus dilakukan sesuai resolusi Majelis Keamanan PBB 1514 dan 1541. “Yaitu seperti dalam kasus Timor Timur, yang sekarang harus menjadi kasus di Papua Barat,” ujarnya menambahkan.

Usai menyampaikan tuntutan, Benny Wenda,  bertemu dengan beberapa anggota parlemen Inggris untuk meminta dukungan.[*]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s