Zona Berita

Jokowi Ajak Warga Inggris Lebih Mengenal Indonesia

jokowi di inggris

JAKARTA -ZONADAMAI.COM:  Presiden Joko Widodo menyinggung hubungan yang terjalin antara Indonesia dan Inggris saat berbicara di Parlemen Inggris, di Windmindster, London, Selasa (19/4/2016) waktu setempat.

Presiden menyebut, warga Indonesia sangat mengenal Inggris dan akrab dengan produk-produk yang dihasilkan negara tersebut. Namun sebaliknya, warga Inggris justru tak banyak mengenal Indonesia. Presiden mencontohkan, warga Indonesia banyak yang menjadi penggemar klub-klub bola asal Inggris seperti Manchester United dan Arsenal. Mereka bahkan setia menonton setiap pertandingan klub tersebut.

“Di Indonesia, pertandingan antara Manchester United dan Arsenal kadang-kadang menjadi sumber pertengkaran dalam keluarga. Kami (juga) hafal bait-bait lagu One Direction, Coldplay, Genesis, The Beatles, Led Zeppelin, Queen, dan Iron Maiden,” kata Presiden Jokowi yang disambut senyum anggota Parlemen Inggris seperti dikutip halaman resmi pemerintah, Rabu (20/4/2016).

Oleh karena itu, Presiden Jokowi mengajak masyarakat Inggris untuk lebih mengenal Indonesia. Dia juga berharap, produk-produk Indonesia dapat diterima dengan mudah oleh pasar Inggris.

“Saya ingin lebih banyak warga Inggris yang ke Indonesia, tidak hanya ke Bali, tapi juga ke tempat-tempat indah lainnya,” kata Presiden Jokowi seraya menyinggung mengenai adanya penerbangan regular langsung dari Jakarta ke London.

HAM dan Demokrasi

Di hadapan para anggota Parlemen Inggris, Presiden Jokowi kembali menggarisbawahi bahwa Indonesia, berkomitmen penuh terhadap nilai-nilai demokrasi dan penegakan HAM, pasca-rezim Presiden RI kedua, Soeharto pada 1998 lalu.

“Militer kami tidak lagi terlibat di politik. Kebebasan berpendapat, kebebasan pers dan kebebasan beragama, semuanya dijamin oleh konstitusi,” terang Presiden.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Jokowi juga mengungkit bagaimana upaya Indonesia dalam memerangi terorisme, sekaligus memelihara nama baik Islam sebagai negara dengan populasi muslim terbesar dunia.

“Kami akan memberantas radikalisme, kami akan menghancurkan kekerasan ekstremisme dan kami akan mengalahkan terorisme,” tandas Jokowi. [berbagai sumber]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s