Zona Berita

Papua Lepas Pelayaran Pertama Ekspor Langsung ke Cina

kapal-kargo-ILUSTRASI

ilustrasi:Kapal Kargo pengangkut kontainer komiditi ekspor

PAPUA – ZONADAMAI.COM:  Gubernur Papua, Lukas Enembe bersama Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) atau Pelindo IV Doso Agung melepas pelayaran langsung (direct call) ekspor perdana dari Papua menuju ke negara tujuan ekspor Cina. Mereka memberangkatkan 40 kontainer komoditi kayu olahan pada Sabtu (9/4/2016).

Pelaksanaan ekspor langsung ke Cina di Pelabuhan Jayapura ini dapat dilakukan setelah Pemda Papua menggandeng Pelindo IV yang telah merintis pengapalan ekspor langsung ke negara tujuan pada awal 2016. Jalurnya melalui Pelabuhan Makasar dilanjutkan ke Papua Barat dan Papua.

Gubernur Papua Lukas Enembe dalam sambutannya menyatakan, ekspor perdana dari Papua merupakan langkah awal menuju visi kemandirian Papua dan mewujudkan kesejahteraan pengusaha dan masyarakat Papua.

“Ini karya nyata yang dilakukan Pemda Papua dan Pelindo IV, riil dan konkrit, tidak hanya teori atau wacana, dan langsung bisa dinikmati dan kelihatan hasilnya untuk kemudahan pengusaha dan kesejahteraan masyarakat Papua,” kata Enembe.

Dengan ekspor langsung, ucap Gubernur, pengusaha Papua mendapatkan penghematan waktu pengiriman 10 hari dan hemat biaya hampir 300-600 dolar AS per kontainer.

Dia berkeyakinan untuk tahap selanjutnya volume komoditas ekspor dari Papua akan dapat di tingkatkan dari waktu ke waktu. Jika sekarang hanya 40 kontainer per pekan, selanjutnya bisa 100 kontainer per pekan dan terus meningkat.

Sebelumnya, hasil kayu olahan asli Papua jika akan dikirim ke luar negeri harus melalui antar pulau dulu seperti ke Surabaya atau Jakarta sehingga status ekspornya adalah di Surabaya atau Jakarta. Belum lagi double handling turun naik pindah kapal sehingga biayanya tinggi.

Akibatnya, pengusaha dan masyarakat Papua tidak mendapatkan benefit yang maksimal karena selain biaya logistik yang mahal juga waktu tempuh ke negara tujuan ekspor menjadi sangat lama. Dengan direct call ini ekspor langsung dari Papua akan merangsang pengusaha dan masyarakat untuk menumbuh kembangkan usaha makro maupun mikro yang berorientasi ekspor. [republika.co.id]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s