Zona Berita

Jokowi Resmikan Pelabuhan Wasior, Papua Barat

Pelabuhan Wasior

Pelabuhan Wasior (Foto: okezone.com)

WASIOR – ZONADAMAI.COM:  Presiden Joko Widodo hari ini, Selasa (5/4/2016) dijadwakan akan meresmikan Pelabuhan Laut Wasior yang terletak di Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat.

Seperti yang disampaikan Tim Komunikasi Presiden, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo meninggalkan Ambon, Maluku menuju Manokwari, Papua Barat dengan menggunakan Pesawat Boeing 737-400 TNI-AU. Dari Manokwari, Presiden Jokowi dan Ibu Negara bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Teluk Wondama. Di sini, Presiden Jokowi akan meresmikan Pelabuhan Laut Wasior. Usai meresmikan pelabuhan ini, Presiden dan Ibu Negara bersama rombongan kembali ke Manokwari.

Sore harinya, Presiden Jokowi dan Ibu Negara bersama rombongan akan melanjutkan perjalanan dari Bandara Rendani, Manokwari menuju Pangkalan TNI AU Leo Wattimena, Kabupaten Pulau Morota.

Gerakan Roda Perekonomian

Pengembangan pelabuhan laut Wasior dibangun secara multiyears dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian Perhubungan Tahun Anggaran 2005 sampai dengan 2015 dengan nilai investasi sekira Rp79 miliar.

Pelabuhan ini memiliki dermaga seluas 174×10 meter persegi, Trestle I seluas 48×8 meter persegi, Trestle II seluas 47×8 meter persegi, Causeway I seluas 160×6 meter persegi, Causeway II seluas 127×8 meter persegi dan reklamasi 12.500 meter persegi. Pelabuhan Wasior dapat disandari kapal hingga 3.500 DWT dengan faceline dermaga -10 mLWS. Selain itu terdapat pembangunan fasilitas darat seperti kantor, terminal penumpang, pos jaga, rumah pompa, genset, gudang seluas 15×40 meter persegi, dan lapangan penumpukan seluas 10.000 meter persegi.

Presiden Jokowi berharap, dengan fasilitas seperti ini Pelabuhan Wasior akan mendukung konektivitas sehingga dapat memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana transportasi masyarakat Kabupaten Teluk Wondana, Papua Barat guna menumbuhkan perekonomian dan menekan disparitas harga antar daerah. [berbagai sumber]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s