Zona Berita

TNI dan Polri Mengaku Sulit Rekrut Pemuda Papua Jadi Anggota

JAYAPURA – ZONADAMAI.COM: Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah (Waka Polda) Papua Brigjen Pol Rudolf Rojak mengakui, saat ini pihaknya merasa sulit untuk merekrut pemuda dan pemudi Papua untuk menjadi calon anggota, terutama yang berasal dari pegunungan. Hal ini menurutnya disebabkan banyak dari para peserta yang tidak lolos saat seleksi berenang.

“Kami mohon bantuan kepada bupati para agar dapat membantu menyiapkan para pelajar yang berminat masuk polisi atau tentara dengan membekalinya baik fisik maupun lainnya,” kata Waka Polda Papua dalam Rakerda (Rapat Kerja Daerah) bupati/wali kota se-Papua di Jayapura, Rabu, (30/3/2016) malam.

Ia juga mengatakan bahwa selain olahraga berenang, syarat lain yang akan menjadi prioritas adalah kesehatan, yang menurutnya sangat penting sebagai syarat menjadi anggota TNI.

Sementara itu di tempat yang sama, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian juga mengakui mengalami kesulitan untuk merekrut pemuda dan pemudi asli Papua menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia.

“Padahal untuk menjaring mereka kami sudah menurunkan beberapa kriteria dasar termasuk tinggi badan, namun tetap saja kesulitan,” ungkap Pangdam Cenderawasih.

Ia mengakui, dalam melakukan persiapan perekrutan pihaknya sudah memerintahkan Babinsa (Bintara Pembina Desa) agar melatih pemuda setempat, sehingga bisa lolos dalam penerimaan angota TNI.

Untuk mengantisipasi kesulitan itu, ia juga mengakui bahwa pihaknya sudah menurunkan kriteria-kriteria tertentu, tetapi tidak untuk kesehatan, sebab menurut Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Siburian, jika calon TNI tidak sehat maka akan berbahaya. [AntaraNews.com]

1 reply »

  1. Bukan Sulit Rekrut Pemuda Papua Jadi Anggota, Malahan anak gunung yang tidak suka jadi TNI POLRI NKRI itu kenyataan anak Papua gunung alasanya anak gunung itu kompak dan mengetahui bahwa jadi aparat adalah pembawah kekerasan dilingkungan masyarakat itu sendiri juga mereka benar2 benci jadi orang Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s