Zona Berita

Akademisi Aceh Persoalkan Dasar Hukum Referendum Bendera

Diskusi tentang bendera aceh

Foto: habadaily.com

BANDA ACEH – ZONADAMAI.COM: Dekan Fakultas Hukum Universitas Abulyatama, Wiratmadinata, mengatakan tidak ada dasar hukum yang dapat mengakomodasi pelaksanaan referendum bendera Aceh. Katanya, berdasarkan aturan hukum yang berlaku di Indonesia, persoalan bendera tak bisa diselesaikan dengan referendum.

Hal tersebut dikatakan Wiratmadinata saat menjadi pembicara dalam Diskusi Publik Polemik Bendera Aceh yang bertema “Mungkinkah Referendum Bendera di Aceh dilaksanakan” yang berlangsung di A Cafee, Kawasan Jeulingke, Banda Aceh, Selasa sore, 29 Maret 2016.

“Tidak ada dasar hukum yang dapat mengakomodasi pelaksanaan referendum bendera Aceh”.

Lagi pula, katanya, bendera itu seharusnya sudah sah karena qanun yang mengatur telah disahkan oleh DPRA. “Seharusnya bendera Aceh situ sudah bisa dikibarkan, tidak perlu referendum, tapi sekarang asik dengan perdebatan,” kata Wiratmadinata.

Ia menjelaskan, bila dilihat secara hukum, terminologi referendum tidak ada lagi di Indonesia. Ia mengatakan, undang-undang yang mengatur referendum dulu ada di Indonesia, namun untuk sekarang sudah tidak ada lagi karena dianggap tidak perlu.

“Referendum tidak bisa dibuat karena dasar hukumnya tidak ada,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dewan Pimpinan Pusat Pusat Analisis Kajian dan Advokasi Rakyat (DPP PAKAR) Aceh, mengadakan Diskusi Publik Polemik Bendera Aceh, di A Cafe, Kawasan Jeulingke, Banda Aceh, Selasa, 29 Maret 2016.

Diskusi yang bertema “Mungkinkah Referendum Bendera di Aceh dilaksanakan” itu menghadirkan pembicara Ketua Komisi I DPR Aceh, Abdullah Saleh dan  Wiratmadinata, Dekan Fakultas Hukum Unaya yang juga merupakan seorang aktivis. [http://www.klikkabar.com]

Categories: Zona Berita

Tagged as: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s