Zona Berita

Penegakan HAM di Papua Sudah Dilaksanakan dengan Baik

Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Papua, Abner Banosro, SH, MH

Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Papua, Abner Banosro, SH, MH

 

NABIRE – ZONADAMAI.COM: Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Papua, Abner Banosro,mengklaim penegakan HAM di Tanah Papua telah dilaksanakan dengan baik.

Namun kata dia, HAM tersebut belum sampai kepada masyarakat. Masyarakat saat ini belum mengetahui mengenai hak dan kewajibannya.

“Karena kebanyakan masyarakat hanya menuntuk haknya tanpa mengetahui dia punya kewajiban terhadap HAM, yaitu masyarakat harus taat terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Abner Banosro di Nabire, Selasa (22/3/2016).

Desiminasi HAM dan RANHAM tersebut harapannya nanti bisa diteruskan oleh Pemerintah kabupaten (Pemkab) untuk disosialisaikan kepada masyarakat di tingkat bawah, agar bisa dipahami hak dan kewajibannya.

“Desiminasi inikan merupakan komitmen untuk melaksanakan amanat Undang-Undang Dasar (UUD) pasal 28 ayat 1 yaitu penegakan HAM, pemenuhan HAM, perlindungan HAM dan penghormatan HAM untuk mengangkat 10 Hak Dasar dari masyarakat,” ujarnya.

“Sekarang tergantung dari implementasinya dari masing-masing SKPD terkait, contoh hak memperolah pendidikan, dia harus mendapat pendidikan yang layak, gedung sekolah yang baik, infrasrukturnya, ini kan merupakan tanggung jawab Dinas Pendidikan, begitupun dengan hak lainnya yang dikelola SKPD terkait,” lanjutnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Provinsi Papua, La Margono, mengatakan, dengan Desiminasi tersebut pihaknya selalu berupaya untuk bisa dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Papua.

“Karena disetiap kabupaten/kota ada yang Kepala Sub Bidang (Kasubid) Bantuan Hukum dan HAM harusnya mereka ini bisa melakukan Desiminasi hingga ke tingkat masyarakat yang paling bawah atau masyarakat akar rumput sehingga mereka bisa pahan dengan HAM itu sendiri,” ujarnya. [tabloidjubi.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s