Zona Berita

Rudolof Yanto Basna: Talenta Papua yang Mencuri Perhatian Indonesia

yanto_basna1a

ZONADAMAI.COM – Tanah Papua tidak hanya kaya akan sumber daya alam, tapi juga kaya akan talenta sepakbola. Hamir setiap generasi timnas Indonesia, pemain-pemain asal Papua selalu menjadi bagian di dalamnya. Dari generasi Rully Nere pada tahun 70-an hingga generasi Boaz Salossa beberapa tahun belakangan.Baru-baru ini, setelah mencuat pada gelaran Piala Jenderal Sudirman 2015 lalu, Yanto Basna digadang-gadang akan menjadi ujung tombak tanah Papua selanjutnya. Center-back berusia 20 tahun ini mempunyai segalanya untuk mengawal jantung pertahanan tim Garuda, julukan timnas Indonesia.

yanto_basna3

Banyak yang mengira Yanto -begitu ia biasa disapa- adalah pemain asing karena kemampuannya yang hebat, tubuhnya yang tegap, dan kulitnya yang gelap.  Namun sesungguhnya, Yanto merupakan pemain asli dari Papua yang tidak memiliki darah keturunan Jawa.
Yanto lahir di Sorong, 12 Juni 1995. Ayahnya bernama lengkap Otis Basna, staf PNS pada Kantor Gubernur Papua di Jayapura. Ibunya bernama Jekelina. Kata “Yanto” yang terselip di namanya membuat orang yang tidak mengenalnya juga penasaran mengapa ia memiliki nama yang biasa disandang mereka yang berasal dari Jawa Tengah atau Jawa Timur.

“Saya tidak tahu kenapa orangtua menyelipkan Yanto di tengah nama lengkap saya. Padahal papa dan mama asli Papua. Kalau Basna itu nama marga saya. Saya asli Papua, tak punya garis keturunan Jawa, dan saya bukan pemain asing,” jelas Yanto.

yanto_basna4

Sedangkan nama Rudolf, Yanto mempunyai cerita sendiri. Yanto punya kegemaran memegang uang seratus ribu rupiah yang bertanda air Wage Rudolf Soepratman, pencipta lagu Indonesia Raya.

“Jika diberi uang, saya selalu minta yang bertanda air Wage Rudolf Soepratman (uang seratus ribu rupiah). Mungkin, karena kebiasaan itu orang tua saya kemudian memberi nama Rudolof kepada saya”

Demi sepakbola, merantau pada usia belia

Yanto sudah merantau sejak usia muda. Sejak SMP dia sudah meninggalkan Papua karena mengejar prestasi sepak bola. Ia memilih menimba ilmu di Diklat Ragunan,  untuk kemudian menjadi andalan SAD (Sociedad Anónima Deportiva /kumpulan pemain sepak bola Indonesia usia 17 tahun ke bawah) di Uruguay, dan dilirik Indra Sjafri untuk bergabung ke timnas U-19. Sayang, Yanto harus bersabar untuk bisa mencuri perhatian. Di timnas U-19 duet center-back Sahrul Kurniawan dan Hansamu Yama Pranata nyaris tak tergantikan. Yanto kemudian harus rela bermain bersama timnas U-19 B yang diasuh oleh Rudy Keltjees.

yanto_basna1
Bersama timnas U-19 B Yanto tampil bagus di Cotif Cup 2014, bahkan dia dipercaya menjadi kapten. Hal tersebut tak luput dari perhatian Indra Sjafri. Pelatih asal Minang, Sumatra Barat, tersebut kemudian memasukkan nama Yanto ke dalam skuatnya yang bersiap menghadapi Piala Asia U-20 di Myanmar. Sayang, Yanto mengalami cedera ligament dan divonis absen selama tiga bulan. Ia pun akhirnya urung berangkat ke Myanmar. Namun, Yanto tak patah semangat untuk terus berkembang.
Yanto adalah mahasiswa ilmu olahraga di Universitas Negeri Yogyakarta, baginya sepakbola adalah hidupnya. Ia ingin dikenal banyak orang sebagai pemain sepakbola, bukan yang lainnya.

Kerja keras Yanto membuahkan hasil. Mitra Kukar mengontraknya selama dua tahun, dan Jafri Sastra, pelatih Mitra Kukar yang sering memberikan kepercayaan pada bakat-bakat muda, memberikan kesempatan padanya. Pemain kelahiran Sorong ini kemudian membayar lunas kepercayaan yang diberikan Jafri Sastra. Yanto tampil ciamik dalam setiap penampilannya, membuat banyak penyerang lawan putus asa ketika menghadapinya, dan menghasilkan gelar Piala Jenderal Sudirman 2015 bagi Mitra Kukar. Bahkan dalam turnamen tersebut, Yanto dinobatkan sebagai pemain terbaik.

Semoga nama Rudolof (penggubah lagu Indonesia Raya) yang melekat pada namanya, suatu saat bisa membawa kebanggaan bagi bangsa Indonesia, dengan mengibarkan bendera Indonesia lebih tinggi dari bendera-bendera negara lainnya di Asia Tenggara, bahkan di dunia.

*) dari berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s