Zona Berita

Pemprov Papua Dorong Peningkatan Produksi Tanaman Pangan

TANAMAN PANGAN-PAPUA

JAYAPURA–ZONADAMAI.COM:  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mendorong para pihak di kabupaten/kota untuk meningkatkan produksi tanaman pangan dan holtikultura guna mengurangi ketergantungan pada daerah lain.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kerakyatan Sekda Provinsi Papua, Elia Loupatty, di Jayapura, Senin (7/3/2016), mengatakan khusus untuk komoditas strategis nasional seperti beras, jagung, kedelai, cabe merah, dan bawang merah, pemerintah daerah harus bisa secara bertahap memenuhi kebutuhan penduduknya.

“Komitmen pemerintah pusat dan Provinsi Papua sangat jelas, yang dibuktikan dengan dukungan dana besar dalam menjawab tantangan pemenuhan komoditas strategis nasional,” katanya.

Menurut Elia, dalam kaitan dengan beras, pihaknya menegaskan kembali target Provinsi Papua untuk memenuhi kebutuhan beras PNS, TNI dan Polri, serta raskin yang berjumlah sekitar 122.000 ton harus diwujudkan.

“Selain beras, peningkatan produksi pangan lokal seperti ubi jalar, keladi dan sagu harus menjadi perhatian,” katanya.

Dia menjelaskan produksi ubi jalar yang kini mengalami perlambatan, perlu didorong kembali dengan memastikan lahan-lahan ubi jalar tidak dikonversi peruntukannya.

“Produksi ubi jalar di pegunungan tengah harus dipastikan aman, sehingga kasus-kasus kekurangan pangan yang terjadi di Kabupaten Nduga dan Lanny Jaya khususnya Distrik Kuyawage serta sekitarnya tidak terulang lagi,” katanya.

Dia menambahkan demikian pula untuk kebutuhan sayur-sayuran dan buah-buahan agar terus ditingkatkan produksinya untuk memenuhi kebutuhan penduduk di Papua serta kebutuhan pangan saat diselenggarakan PON XX Tahun 2020 nanti.  [tabloidjubi.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s