Zona Sana Sini

Survei: Indonesia Negara Paling Optimistis Kedua di Dunia

OPTIMIS - JAKARTA-

ZONADAMAI.COM — Dibanding negara Barat, negara di Asia merasa lebih yakin bahwa dunia akan menjadi lebih baik. Studi yang dilakukan YouGov ini juga menempatkan Indonesia di papan atas negara paling optimistis di dunia.

1. China

China merupakan negara yang dianggap paling optimistis sedunia. Sebanyak 41 persen warga negeri itu percaya bahwa dunia akan menjadi lebih baik untuk ditinggali.

2. Indonesia

Memang Indonesia masih menghadapi banyak masalah. Namun, berbagai masalah tidak menjadikan Indonesia sebagai bangsa pesimistis.

YouGov menempatkan Indonesia sebagai negara paling optimistis kedua di dunia. Sebanyak 23 persen responden Indonesia mengungkapkan keyakinan mereka bahwa kehidupan akan menjadi lebih baik.

3. Arab Saudi

Negara kaya minyak ini berada di posisi ketiga. Menurut jajak pendapat ini, sebanyak 16 persen warga Arab Saudi percaya bahwa dunia akan menjadi lebih baik dibandingkan sekarang.

OPTIMIS - BANGKOK-Pemandangan kota Bangkok

4. Thailand

Dengan 11 persen warganya yang menganggap bahwa dunia dapat menjadi lebih baik, Thailand menempati posisi keempat sebagai negara paling optimistis.

5. Uni Emirat Arab

Negara federasi yang terdiri dari tujuh keemiran ini menempatkan diri di peringkat kelima negara-negara paling optimistis sedunia.

Sebanyak 10 persen warga dari negara yang kaya minyak ini berpendapat bahwa dunia akan menjadi lebih baik.

6. Swedia

Negara di wilayah utara Eropa ini dianggap sebagai negara Barat dengan penduduk paling optimistis. Sebab, 10 persen warga Swedia menganggap bahwa dunia akan lebih baik.

OPTIMIS HONGKONGPelabuhan Hongkong

7. Hongkong, Denmark, Norwegia, dan Finlandia

Dengan 8 persen warga yang optimistis bahwa dunia akan lebih baik, Hongkong menempati posisi ketujuh bersama dengan tiga negara Skandinavia, yaitu Denmark, Norwegia, dan Finlandia.

8. Amerika Serikat dan Malaysia

Kedua negara ini berada di posisi kedelapan. Walau negara-negara ini dianggap sangat mapan, tetapi warganya tidak terlalu menunjukkan optimisme bahwa kehidupan akan menjadi lebih baik. Hanya enam persen warga kedua negara ini yang menganggap dunia akan lebih baik.

9. Jerman

Mungkin survei ini dilakukan pada saat yang tidak tepat. Beban krisis pengungsi yang kini dihadapi negara ini dianggap sebagai penyebab bahwa hanya empat persen warganya menganggap bahwa dunia akan menjadi lebih baik. [KOMPAS.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s