Zona Berita

Fiji Tidak Mau Campur Tangan soal Isu Papua Merdeka

Ratu Seremaia - Dubes Fiji

Ratu Seremaia Tuinausori Cavuilati (ketiga dari kiri)

SURABAYA – ZONADAMAI.COM: Indonesia sudah bergabung ke dalam kelompok negara-negara Melanesia di Samudera Pasifik yaitu Melanesian Spearhead Group (MSG) pada pertengahan tahun 2015. Keterlibatan Indonesia di MSG terutama karena kekhawatiran akan isu kemerdekaan Papua. Indonesia dinilai ingin memakai pendekatan merangkul sesama negara yang memiliki penduduk ras Melanesia.

Terkait hal itu, Fiji sebagai salah satu anggota MSG, melalui duta besarnya untuk Indonesia, Ratu Seremaia Tuinausori Cavuilati, menegaskan Papua adalah persoalan dalam negeri Indonesia. Oleh karena itu, Fiji menyerahkan sepenuhnya masalah itu kepada pemerintah Indonesia untuk menyelesaikannya karena menghormati kedaulatan dan integritas wilayah Indonesia.

“Itu adalah persoalan dalam negeri Indonesia, sehingga biarlah Indonesia yang menyelesaikannya khususnya sejak awal pemerintahan Presiden Jokowi,” kata Cavuilati hari Rabu (2/3/2016) malam, dalam wawancara khusus dengan SP saat kunjungan ke Universitas Ciputra dan Sekolah Citra Berkat di Surabaya.

Fiji dan Indonesia memiliki kesamaan dari sisi ras Melanesia. Penduduk Fiji memiliki ras sama dengan penduduk Indonesia di kawasan Timur seperti Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua.

Di sisi lain, Cavuilati mengatakan kelompok MSG sangat senang dengan masuknya Indonesia sebagai anggota. Kedua pihak bisa mendorong kerja sama khususnya perdagangan agar lebih intens. “Apalagi jarak antara Indonesia timur seperti Papua ke negara-negara MSG tidak terlalu jauh sehingga biaya pengiriman barang tidak semahal dari negara lain,” katanya.

Cavuilati juga mengapresiasi program Indonesia dari Kemlu dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan lewat pelaksanaan Festival Budaya Melanesia pada Oktober 2015 lalu. Dia juga mendorong pengusaha Indonesia untuk berinvestasi di Fiji karena posisinya sangat strategis sebagai poros (hub) diantara negara-negara lainnya di kawasan Pasifik seperti Papua Nugini, Kepulauan Solomon, dan Vanuatu. [http://www.beritasatu.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s