Zona Berita

Kantor Pembebasan Papua Berdiri, Indonesia Kecolongan

Masyarakat yang duduk di halaman kantor Dewan Adat Lapago untuk mengikuti persemian kantor ULMWP di Wamena (Foto: Jubi)

Masyarakat yang duduk di halaman kantor Dewan Adat Lapago untuk mengikuti persemian kantor ULMWP di Wamena (Foto: Jubi)

ZONADAMAI.COM – Pemerintah Indonesia seolah kecolongan dengan berdirinya kantor cabang Gerakan Pembebasan Papua Barat atau United Liberation Movement for West Papua (UWLP) di ibu kota Papua, Jayawijaya.

“Kita kecolongan, mestinya tidak boleh ada peresmian kantor gerakan yang meminta merdeka ada di tanah air kita,” kata anggota Komisi I DPR RI, Tantowi Yahya, Selasa 16 Februari 2016.

Menurutnya,  ini menguatkan pembentukan kantor organisasi serupa di luar negeri, seperti di Vanuatu dan Kepulauan Solomon. “Kita ketahui bahwa kampanye politik mereka adalah isu Papua, karena itu isu sensitif,” ujarnya.

Tantowi melihat saat ini agenda utama dari gerakan separatis papua adalah menjadikan pelanggaran HAM sebagai isu internasional. Upaya ini ditempuh karena isu pemisahan diri dari Indonesia sebelumnya, tidak mendapat dukungan dari dunia internasional.

“Agenda utama mereka sekarang adalah menginternasionalisasi isu HAM setelah puluhan tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM) tidak laku. Karena tidak ada satu pun negara yang mendukung gerakan separatis,” kata Tantowi.

Politisi partai Golkar ini mempertanyakan kinerja aparat keamanan di daerah terutama Kepala Badan Intelijen Daerah (Kominda) dan Kepolisian yang dianggap lemah dalam mengawasi pembentukan kantor tersebut.

Padahal menurutnya salah satu agenda besar Gerakan Pembebasan Papua adalah mendorong referendum untuk memisahkan diri dari Indonesia. [VIVA.co.id]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s