Zona Berita

Warga PNG Masih Belum Pahami Batas Wilayah Negara

map-papua-2

ZONADAMAI.COM – Badan Perbatasan dan Kerja sama Luar Negeri Provinsi Papua, Susana Wanggai menyatakan warga yang bermukim di wilayah perbatasan RI-PNG harus memahami batas wilayah.

“Dusun-dusun itu tentu adalah tempat cari makan mereka, masalahnya adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat supaya bisa memahami aturan-aturan lintas batas dan itu adalah tanggung jawab kami,” katanya di Jayapura, Jumat (29/01/2016) .

Masalah penduduk pelintas batas merupakan masalah kependudukan, karena ada tanah Indonesia yang di sebelah dan ada tanah Papua Nugini yang di Indonesia.

Masalah batas wilayah di perbatasan bukan hanya tanggung jawab pemerintah Indonesia melainkan juga tanggung jawab PNG.

Karena itu di sepanjang perbatasan itu tidak ada satu tempat manapun yang hanya didiami oleh warga negara indonesia tetapi juga warga negara PNG.

Warga perbatasan juga memiliki hubungan kekerabatan yang erat dengan warga PNG sehingga ada wilayah yang masih dimiliki kedua warga setempat.

“Sepanjang perbatasan tidak ada satu pun tempat yang hanya didiami oleh hanya warga negara Indonesia. Nah di situ ada warga negara PNG juga karena ada hubungan kekerabatan tadi dan juga hak ulayat yang ada,” tambahnya. [Rimanews]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s