Zona Berita

Bebaskan Jurnalis Asing Meliput di Papua, RI Dipuji Norwegia

papua-adat

ilustrasi: Antusiasme warga Kabupaten Keerom, Papua, dalam Pilkada Serentak 2015. (Foto: Liputan6.com)

ZONADAMAI.COM – Wakil Menteri Luar Norwegia Morten Hoglund angkat komentar terkait kebebasan berekspresi di wilayah Asia-Pasifik, khususnya Indonesia. Komentar Hoglund ini disampaikan dalam pidato di diskusi panel Bali Democracy Forum (BDF) ke-VIII.

Menurut dia, perkembangan kebebasan berekspresi di wilayah Asia-Pasifik termasuk di Indonesia patut mendapat perhatian besar. Kebebasan berekspresi di Indonesia dinilai telah berkembang secara positif.

“Wilayah ini telah memperlihatkan perkembangan positif terkait kebebasan pers,” ujar Hoglund di Nusa Dua, Bali, Jumat (11/12/2015).

Hoglund menuturkan, perkembangan itu terlihat kala RI mengumumkan tak menutup akses peliputan ke Papua.

“Yang ingin saya garis bawahi, Indonesia telah mengambil putusan penting untuk membuka lebar akses bagi jurnalis asing (meliput) ke Papua,” sambung dia.

Dia menambahkan, kebijakan itu patut dicontoh negara lain. Sebab, dengan memberikan kebebasan pers maka demokrasi akan tumbuh dengan begitu kuat.

“Kebebasan berekspresi dan berpendapat yang kuat dan independen yang ada di media adalah bagian tak terpisahkan untuk membangun demokrasi yang kuat,” tutur dia.

Pada 10 Mei 2015 lalu, Presiden Jokowi mengumumkan, wartawan asing bebas masuk ke Papua, seperti halnya ke daerah lain di Indonesia. Pengumuman ini disampaikan usai panen raya di Wapeko, Distrik Kurik, Merauke, Papua.

“Mulai hari ini, Minggu (10 Mei 2015), saya membebaskan wartawan asing yang ingin ke Papua seperti halnya ke daerah lain,” ucap Jokowi.

Sebelumnya, pemerintah memberlakukan izin khusus meliput atau aktivitas jurnalistik lain di Papua. Peraturan ini telah berlangsung sejak lama. Kondisi serupa juga pernah diberlakukan pada Provinsi Timor Timur yang saat ini telah berdiri menjadi negara sendiri bernama Timor Leste. [liputan6.com]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s