Zona Berita

Kemenkes Telusuri Penyebab Kematian Misterius di Papua

ANAK-PAPUA1

ZONADAMAI.COM – Kementerian Kesehatan mengirim tim ke Distrik Mbua, Kabupaten Nduga menyusul laporan sejumlah anak meninggal dunia akibat penyakit misterius dalam tiga pekan terakhir di bulan November.

Lewat siaran pers, Kamis (26/11/2015), Kemenkes mengaku juga terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Papua guna mengawal kasus tersebut.

Saat ini Pusat Komunikasi Publik masih menunggu hasil pantauan di lapangan, termasuk jumlah anak yang meninggal. Hasil penyelidikan akan dilaporkan setelah ada pemeriksaan laboratorium.

Selanjutnya, informasi akan disampaikan kepada publik dalam waktu yang tidak terlalu lama setelah tim tiba di Jayapura. Hal ini mengingat sulit dan minimnya akses komunikasi di daerah tersebut.

Tim dari Kemenkes yang diturunkan sejak Rabu (25/11) terdiri atas tenaga pantauan di lapangan dari Kantor Pusat Kemenkes di Jakarta, tim dari Balai Biomedis Papua, dan Tim Gerak Cepat Provinsi Papua.

Terkait kasus ini, masyarakat khususnya di Papua diimbau untuk senantiasa memperhatikan perilaku hidup bersih dan sehat dan menghubungi petugas kesehatan setempat bila merasa tidak sehat.

Penyebab kematian belum diketahui, tetapi korban menunjukkan gejala-gejala panas, demam, menggigil, kejang, dan kemudian meninggal.

Kejadian itu berlangsung di Kampung Doigimo, Kampung Opmo, Kampung Barapngin, dan Kampung Labirik dan jumlah yang meninggal sebanyak 31 anak, bukan 41 anak sebagaimana diberitakan.

Dari laporan yang didapat itu, lanjut dia, pada 20 November 2015 tim krisis center yang berjumlah enam orang terbang ke Nduga lewat Wamena, Kabupaten Jayawijaya untuk melakukan investigasi dan melakukan tindakan-tindakan emergensi.

Aloysius menambahkan, dalam dua hari ke depan akan segera didapatkan tindak lanjut kerja yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan lembaga terkait untuk menyelesaikan masalah tersebut. [REPUBLIKA.CO.ID]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s