Zona Berita

Menanti Janji Jokowi Bangun Pelabuhan Sorong

PELABUHAN SORONG

ilustrasi: beritadaerah.co.id

JAKARTA – ZONADAMAI.COM: Sesuai target pengembangan Tol Laut di Indonesia, pemerintah akan membangun dan merevitalisasi 28 pelabuhan hingga tahun 2018. Sebanyak lima di antaranya adalah pelabuhan laut dalam meliputi Kuala Tanjung, Tanjung Priok, Tanjung Perak, Makassar dan Sorong.

Sorong telah ditetapkan menjadi kawasan khusus dan sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015. Dalam kunjungannya ke Biak 11 Mei 2015 lalu, Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah melalui PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) akan memulai pembangunan pelabuhan laut Kota Sorong, Provinsi Papua Barat pada bulan Juli-Agutus 2015.

Tagih Janji

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Jacob Esau Komigi menagih janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan membangun pelabuhan laut Kota Sorong, di Provinsi Papua Barat. Pembangunan pelabuhan tersebut, menurut Jacob, dijanjikan Jokowi sebagai upaya membangun tol laut.

“Bapak presiden yang janjikan pembangunan pelabuhan Kota Sorong sebagai tol laut. Saat kami anggota DPD kunjungan kerja Kota Sorong awal November lalu, masyarakat setempat meminta agar DPD mengingatkan janji tersebut ke presiden,” kata Jacob Esau Komigi, di Gedung DPD RI, Senayan Jakarta, Senin (23/11/2015) mengungkap sebagian hasilnya kunkernya ke Papua Barat.

Salah satu alasan presiden memperioritaskan pembangunan pelabuhan Kota Sorong lanjutnya, karena keinginan presiden untuk menjadikan pelabuhan Kota Sorong sebagai kawasan industri di Papua Barat.

“Masyarakat sangat berharap janji presiden tersebut bisa direalisasikan oleh para menterinya, terutama oleh menteri yang dulu ikut bersama presiden ke Papua Barat,” ujarnya.

Selain itu, saat penjemputan aspirasi oleh senator asal Papua Barat ke konstituennya tersebut, juga ada desakan agar DPD secara resmi mengingatkan janji Presiden Jokowi tersebut.

“Masyarakat Papua Barat meminta DPD RI mengakomodir rencana tersebut dengan cara mengingatkan kembali janji presiden,” katanya.[berbagai sumber]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s