Zona Berita

Mahasiswa Asal Papua Protes Kebijakan Razia KTP

ilustrasi razia lalin

ilustrasi razia lalin

TOMOHON ZONADAMAI.COM:  Mahasiswa asal Papua di Kota Tomohon melayangkan protes kebijakan Pemerintah dan Kepolisian menggelar razia Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Aksi protes dilakukan sekitar puluhan mahasiswa dengan jalan kaki dari Asrama mahasiswa Papua di Talete II sampai ke Markas Polres Tomohon, Kamis (22/10/2015) siang.

Di Markas Polres Tomohon, para demonstran diajak berdialog dengan Kapolres AKBP Monang Simanjuntak.

Mereka menyampaikan unek-unek sekaligus protes menyangkut razia KTP oleh kepolisian setempat. Padahal, mereka datang ke Tomohon untuk berkuliah.

“Menyangkut razia KTP kenapa mesti dilakukan dengan alasan yang tidak jelas. Lagipula data kami ada di Pala dan Lurah,” ujar Los Alua Penanggung Jawab Mahasiswa Papua.

Tinus Logo Ketua Asrama Papua di Telete II mengungkapkan, saat razia ia kemudian mengonfirmasi ke rekan-rekan lain ternyata tidak ada razia semacam itu dialami. Sebab itu, Ia heran kenapa mahasiswa Papua dirazia.

Dalam diskusi dengan Kapolres, kalau memang ingin melakukan razia sebaiknya dikordinasikan dulu, dan aparat diharapkan tak arogan.

Kepala Sub Bagian Humas Polres Tomohon Ipda Johny Kreysen menyampaikan, razia KTP merupakan program bersama pemerintah, kepolisian dan TNI dengan tujuan cipta kondisi di Kota Tomohon. Apalagi, saat ini sedang tahapan Kampanye sehingga berpotensi menimbulkan kerawanan.

Kreysen mengungkapkan, razia yang dilakukan tak hanya menyasar mahasiswa Papua tapi semua kalangan termasuk warga Tomohon.

“Jadi semua kalangan, terutama yang tinggal di tempat kos, atau asrama. Di pasar juga pernah digelar razia,” katanya.

Selain itu aparat pun tak melakukan arogansi dalam melakukan razia. Mereka yang ditemukan tak punya KTP diarahkan untuk mengurus KTP, setelah diambil keterangan untuk memperjelas status tinggal. [tribunnews.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s