Zona Berita

Susi Pudjiastuti Sebut Illegal Fishing Masih Marak di Perbatasan

illegal fishing in Indonesia 02

JAKARTA ZONADAMAI.COM: Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, kasus MV Silver Sea 2 menunjukkan ilegal fishing masih tetap marak terjadi di perairan Indonesia. Khususnya wilayah perbatasan dengan negara tetangga yang minim pengawasan.

Susi menyebutkan, kapak MV Silver Sea 2 merupakan salah satu bagian kecil dari raturan kapal ikan ilegal yang masih leluasa mencuri ikan dari perairan laut arafuru Indonesia.

“Pelaku IUU Fishing melakukan segala cara dan upaya untuk tetap dapat mencuri ikan di Indonesia, seperti beroperasi di wilayah yang sulit dijangkau oleh penegak hukum, menggunakan izin kapal perikanan dari berbagai negara sekitar Indonesia dan mematikan segala sarana komunikasi dan informasi untuk menghindari pelacakan dari instansi penegak hukum,” kata Susi di Kantornya, Jakarta, Selasa (6/10/2015).

Susi menyebutkan, prilaku ilegal fishing yang dilakukan oleh kapal MV Silver Sea 2 harus ditindak dengan hukum yang mengacu pada UU Nomor 45 Tahun 2009. Sebab, prilaku ilegal fishing di Indonesia tidak boleh dianggap pekerjaan yang main-main.

“Penolakan praperadilan MV Silver Sea 2 oleh Pengadilan Negeri Sabang patut disyukuri, paling tidak penegakan hukum akan berjalan dan sudah sesuai dengan UU dalam hal ini menandakan IUU fising ini tidak boleh dianggap pekerjaan yang main-main tetapi serius, implikasi daripada area dari yang ada,” tambahnya.

Penegakan ilegal fishing, kata Susi, bukan sekedar menyelamatkan perairan Indonesia dari para pencuri ikan. “Tetapi kontensnya lebih dari itu, tidak boleh lagi negara kita tidak punya kedaulatan di laut kita. Tidak ada negara lain yang menolerir kapal curi ikan di negaranya,” tutupnya. [OKEZONE.COM]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s