Zona Berita

Tentara PNG akui dua WNI disandera di PNG

ilustrasi dari Dok. Kementerian Pertahanan Australia.

ilustrasi dari Dok. Kementerian Pertahanan Australia.

ZONADAMAI.COM – Konsul RI di Vanimo Elmar Lubis mengatakan, Tentara Papua Nugini (PNG Defence Force) mengakui ada dua wni yang ditahan atau disandera orang tak dikenal (OTK) dan kini berada di kampung Skouwtiau Papua Nugini (PNG).

“Kami sudah mendapat kepastian dari tentara PNG tentang keberadaan kedua WNI yang kini dilaporkan dalam keadaan baik,” kata Konsul RI di Vanimo Elmar Lubis dalam siaran persnya yang diterima Antara, Sabtu di Jayapura.

Dikatakan, walaupun kondisinya baik namun pihaknya tetap meminta kepada tentara PNG agar keselamatan kedua WNI menjadi yang utama.

Kedua WNI itu ditangkap dan disandera sejak Rabu (9/9/2015) saat sedang memotong kayu di kawasan kampung Skopro, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom yang diawali penembakan terhadap Kuba yang kini dirawat di RS Bhayangkara, Kota Jayapura.

Tentara PNG juga sudah melakukan upaya pembebasan terhadap kedua warga PNG itu dari kelompok OTK. Secara resmi, Konjen RI sudah meminta bantuan kepada militer PNG untuk membantu pembebasan WNI yang ditawan.
“Kepada pihak tentara PNG, Konsulat menekankan  bahwa keselamatan kedua WNI merupakan proritas utama,” ucapnya. Hingga saat ini tentara PNG masih berupaya membebaskan dua WNI.
Menurut informasi, kedua WNI yang ditawan itu bernama Badar, 30 tahun, dan Sudirman, 28 tahun.
Mereka diduga ditawan saat terjadi penembakan terhadap rekannya atas nama Kuba yang kini masih menjalani perawatan di RS Jayapura.
Kuba tertembak di kepala belakang tembus hingga mata kiri. Ia juga mengalami luka panah.
Polda Papua melalu juru biaranya Patrige Rudolf Renwarin belum bisa menyimpulkan motif dibalik aksi penembakan karena minimnya saksi. “Masih dilakukan penyelidikan guna mengungkap motif penembakan,” paparnya. [ANTARA News]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s